29 September 2021, 21:59 WIB

Pakar : Perlu Tim Khusus Urusi Pendidikan di Masa Pandemi 


Ilham Partama Putra | Humaniora

Antara/Asprilla Dwi Adha
 Antara/Asprilla Dwi Adha
Pelajar menerapkan protokol kesehatan saat pembelajaran tatap muka

PENGAMAT pendidikan, Indra Charismiadji menyebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membutuhkan satu tim baru untuk mengurusi pembelajaran di masa pandemi.

Ia menilai selama ini penanganan dunia pendidikan di masa pandemi covid-19 kurang baik.

"Mungkin akan lebih baik untuk fokus membuat pusat komando pembelajaran selama pandemi," kata Indra.

Tim tersebut, kata dia, harus berkoordinasi dengan pemerintah daerah setiap hari. Misalnya, untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah pertama, tim pusat komando pembelajaran ini bisa berkomunikasi dengan pemerintah kota atau kabupate

"Yang SMA ini bisa komunikasi dengan pemerintah provinsi," lanjutnya.

Baca juga : Kemensos dan Stafsus Presiden Siapkan Modul untuk Tuna Rungu

Ia menambahkan, tim tersebut juga harus berkomunikasi dengan organisasi seperti Nahdlatul Ulama hingga Muhammadiyah. Sebab, banyak organisasi yang menaungi satuan pendidikan.

Dengan begitu, menurutnya, Kemendikbudristek akan langsung mendapatkan kendala yang dihadapi sekolah satu wilayah. Indra mengatakan, komunikasi dalam menjalankan kebijakan pendidikan menjadi penting agar penanganan sekolah selama pandemi efektiff.

"Di situ kita akan tahu sekolah apa butuh bantuan apa, yang butuh buku kirim buku jangan kirim kuota. Yang butuh pendampingan kita beri pendampingan," tutupnya.

Menurutnya, koordinasi dan komunikasi itu menjadi penyelamat dunia pendidikan selama pandemi. "Karena ini urusannnya membangun manusia kan. Jadi harus dengan dialog," tutupnya. (Medcom.id/OL-7)

BERITA TERKAIT