29 September 2021, 09:53 WIB

Menkes Budi Gunadi Peduli Riset


mediaindonesia.com | Humaniora

MI/Dok FKUI
 MI/Dok FKUI
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat berkunjung ke IMERI FKUI.

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin punya kepedulian pada pengembangan riset. Itu bisa dilihat dari kunjungan Menkes ke Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di Salemba, Jakarta, Jumat (17/9) lalu. 

"Alhamdulillah atas permintaan Pak Menkes sendiri, Beliau, Jumat (17/9) lalu berkunjung ke  Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI). Beliau melihat prasarana dan sarana untuk proses sekuensing virus SARS-COV-2, termasuk juga bagaimana alat ini  dapat melakukan sukuens untuk melihat gen kanker payudara dan infeksi lain," kata Dekan FKUI Ari Fahrial Syam, Rabu (29/9). 

Dalam kunjungan itu, banyak pertanyaan yang diajukan Menkes menunjukkan keingintahuan yang besar.  

Baca juga: 12 Ribu Jemaah Umrah dari 10 Negara Belum Pakai Vaksin Covid-19 Booster

Ari mengajak Menkes melihat fasilitas human genetic  yang selama ini memang membantu para klinisi di seluruh Indonesia untuk melihat kelainan genetik pada seseorang yang mengalami sindrom penyakit tertentu. 

"Beliau juga kami mampirkan ke Cluster Sport and Exercise studies. Intinya kepedulian Beliau terhadap riset cukup tinggi dan yakin kalau research khususnya seputar kedokteran ini didukung penuh kedokteran kita bertambah maju. Sarana dan prasarananya sudah ada, SDM-nya handal lulusan center-center hebat dunia, tinggal beri dukungan dana risetnya saja," katanya. 

"Beliau juga salut gedung FKUI yang heritage berumur lebih 100 tahun masih terawat dengan baik. Beliau yang tidak pernah sekolah di FKUI saja bangga dengan Gedung FKUI, apalagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di FKUI.Terima kasih, Pak Menkes," kata Ari. 

Ketua Majelis Wali Amanat Indonesia Saleh Husin menyambut baik kunjungan Menkes. 

"Harapan saya dengan kehadiran Pak Menkes BGS melihat secara langsung berbagai peralatan dan SDM yang mumpuni di IMERI FKUI maka dukungan pendanaan yang memadai dari Pak Menkes untuk bidang riset inilah yang sangat dibutuhkan," ujar Saleh. (RO/OL-1)

BERITA TERKAIT