21 September 2021, 19:23 WIB

Program Pengenalan Kampus Didik Mahasiswa Uhamka Miliki Integritas


Widhoroso | Humaniora

DOK Uhamka
 DOK Uhamka
Rektor Uhamka Jakarta Prof Dr Gunawan Suryoputro 

PELAKSANAAN Pekan Taaruf (Peta) atau program pengenalan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Jakarta bertujuan mendidik mahasiswa memiliki integritas dan peduli dengan sesama. Kegiatan ini dinilai penting karena merupakan program pengenalan sehingga mahasiswa baru dapat memahami bagaimana civitas dan kehidupan di kampus.

Hal itu diungkapkan Rektor Uhamka Jakarta Prof Dr Gunawan Suryoputro dalam webinar di Jakarta, Senin (20/9). Pekan Taaruf Uhamka diselenggarakan 20-23 September 2021 diikuti 3.774 mahasiswa baru Uhamka.

"Mahasiswa baru perlu dibekali dengan motivasi agar dapat menjadi generasi muda yang menanamkan misi risalah kenabian atau profetik, sehingga dapat menjadi insan yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga spiritual dan sosial. Profetik yang dimaksud adalah untuk memperjuangkan humanisme, nahi munkar (melarang berbuat jahat) dan juga beriman pada Tuhan Yang Maha Esa," jelasnya.

Dia menambahkan semua mahasiswa juga harus mampu menghadapi realitas global dan memiliki bekal yang cukup menghadapi masa depan yang penuh ketidakpastian. "Mahasihswa juga harus memiliki kemampuan teknologi informasi untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat dan kebutuhan manusia yang semakin kompleks," tambahnya.

Hadir pula dalam acara webinar itu Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. "Generasi muda memiliki peran strategis dalam proses pembangunan dan diharapkan dapat menjadi inisiator, fasilitator, katalisator serta motor penggerak partisipasi masyarakat. Untuk itu generasi muda harus memiliki pola pikir visioner dan memahami ke-Indonesiaan," jelasnya.

Sedangkan Perwakilan BEM Uhamka yang turut menjadi pembicara pada acara tersebut menekankan keberadaan mahasiswa mempunyai peran strategis sebagai intelektual kampus yang tidak menjadi menara gading yakni memilki kepedulian pada apa yang terjadi di masyarakat. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT