20 September 2021, 09:20 WIB

Kemarin, 1.400 Penumpang dari Luar Negeri di Soeta Dites PCR


Insi Nantika Jelita | Humaniora

MI/Dwi Apriani
 MI/Dwi Apriani
Petugas kesehatan sedang memeriksa sampel dalam tes PCR mencegah masuknya virus Covid-19 dari penumpang luar negeri.

TERCATAT sebanyak 1.400 penumpang dari luar negeri mendarat di Bandara Soekarmo-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten. Mereka diwajibkan menjalani tes PCR covid-19 sebelum memproses keimigrasian untuk masuk wilayah Indonesia.

Presiden Direktur Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin mengatakan, bandara tersebut melayani 1.400 pada Minggu (19/9) dan menjalani tes PCR di area kedatangan internasional guna mencegah penyebaran varian Mu (B.1.621) masuk ke Tanah Air.

“AP II berkoordinasi dengan maskapai, ground handling, dan stakeholder lainnya agar manajemen dapat dilakukan baik, sehingga prosedur kedatangan internasional dapat dijalankan dengan baik," ucapnya dalam keterangan resmi, Senin (20/9).

Adapun tes PCR bagi penumpang internasional yang baru mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dilakukan oleh laboratorium penyedia tes, di mana terdapat dua metode tes yang dilakukan yakni RT-PCR, dan Tes Cepat Molekular metode Real Time RT-PCR.

"Kami akan menjaga pengaturan slot penerbangan, lokasi parkir atau parking stand untuk pesawat, dan titik holding/holding bay di dalam Terminal 3 guna memastikan kelancaran alur kedatangan internasional," kata Awaluddin.

Dia menyatakan akan terus memantau situasi di Area Kedatangan Internasional, apabila diperlukan maka holding bay akan ditambah guna memastikan protokol kesehatan terjaga.

Saat ini ditetapkan terdapat 3 holding bay sebelum penumpang internasional melakukan tes PCR, dan 2 area menunggu (waiting bay) bagi penumpang untuk menunggu hasil tes PCR serta memproses perjalanan ke lokasi karantina.

Sementara itu, jumlah bilik tes PCR bagi penumpang internasional akan ditambah dari saat ini 10 bilik menjadi 20 bilik.

Bagi penumpang yang teridentifikasi positif covid-19 setelah melalukan tes PCR di Bandara Soekarno-Hatta, maka akan dilakukan penanganan lebih lanjut termasuk dilakukan pemisahan menuju lokasi karantina sehingga penularan dapat dihindari.

Semua langkah tersebut, menurut Awaluddin, berpacu pada SE Kemenhub No:74/2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Internasional Dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19. (OL-13)

Baca Juga: Korut: Kesepakatan Kapal Selam AS Picu Perlombaan Senjata Nuklir'

BERITA TERKAIT