10 September 2021, 14:09 WIB

Presiden: Kita Bersiap Transisi dari Pandemi ke Endemi


Andhika Prasetyo | Humaniora

Dok. Setpres RI
 Dok. Setpres RI
Presiden Jokowi memberi hormat dan menuruni tangga pesawat kepresidenan.

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan bahwa pemerintah akan memulai proses transisi dari pandemi covid-19 ke endemi. Menurut Kepala Negara, covid-19 tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Oleh karena itu, dirinya berharap masyarakat siap hidup berdampingan dengan virus korona. “Kita harus mulai menyiapkan transisi dari pandemi ke endemi. Juga mulai belajar hidup bersama covid-19," ujar Jokowi, sapaan akrabnya, di Bantul, Yogyakarta, Jumat (10/9).

Baca juga: Pemerintah Mulai Susun Kebijakan Menuju Fase Endemi

Meski kasus harian covid-19 di Tanah Air mengalami penurunan, namun dia mengingatkan masyarakat untuk tidak euforia secara berlebihan. Bahkan, sampai mengabaikan protokol kesehatan, termasuk penggunaan masker.

"Ini penting saya sampaikan, agar kita tidak euforia berlebihan. Kita semua harus sadar bahwa covid-19 selalu megintip, sehingga protokol kesehatan harus terus dilakukan, terutama memakai masker," tegas Presiden.

Baca juga: Risko Tinggi, Lansia Terpapar Covid-19 Perlu Didampingi

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan hidup bersama dengan covid-19 merupakan kenyataan yang harus dihadapi. Dalam masa transisi, masyarakat diizinkan beraktivitas dengan menyesuaikan level PPKM di daerah masing-masing.

“Masyarakat juga harus menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin dan juga segera divaksinasi. Testing, tracing dan treatment, termasuk isolasi terpusat, harus digalakkan. Sehingga, identifikasi potensi kasus baru segera dimitigasi," tutur Budi.(OL-11)

BERITA TERKAIT