01 September 2021, 13:46 WIB

Kemenag Dukung Percepatan Sertifikasi Halal


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi

KEMENTERIAN Agama (Kemenag) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terus menyiapkan infrastruktur pendukung terwujudnya Indonesia sebagai pusat produsen produk halal dunia 2024.

"Bekerja sama dengan kementerian/lembaga terkait BPJPH harus bekerja keras mensinergikan potensi yang dimiliki Indonesia untuk pengembangan industri halal nasional yang berorientasi global," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam webinar dari Indonesia Halal Watch, Rabu (1/9).

Baca juga: Anggota Komisi VIII DPR Kagumi Gaya Dialog Mensos Urai Distribusi Bansos

Oleh karena itu, lanjut Zainut, integrasi layanan sertifikasi halal mutlak dilakukan dan penyederhanaan proses sertifikasi halal dan persingkat waktu sertifikasi menjadi 21 hari mengharuskan semua pihak yang terlibat dalam layanan harus melakukan pembenaran secara terukur.

"Selain itu kerja sama internasional yang menjadi perhatian sebagai jalur penting penerima sertifikat halal dan memperkuat posisi Indonesia produk halal juga harus menjadi perhatian," ujarnya.

Kerja sama internasional bisa dilakukan dengan berbagai negara namun agar kerja sama tersebut didedikasikan untuk memperkuat produk halal Indonesia.

Dirinya berharap semua pihak bisa mendorong kemudahan sertifikasi halal agar Indonesia menjadi produsen nomor 1 produk halal dunia sehingga memberikan manfaat bagi bangsa dan negara.

"Saya berharap semua pihak berikhtiar mengembangkan ekosistem halal di Tanah Air memberikan kemaslahatan dan manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara," pungkasnya. (OL-6)

BERITA TERKAIT