01 September 2021, 08:14 WIB

TNI AL-Kemenparekraf Gelar Vaksinasi Pelajar dan Bangun Wisata Edukasi


Cahya Mulyana | Humaniora

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Ilustrasi: TNI AL-Kemenparekraf mengenalkan edukasi wisata bahari di Mako Kolinlamil Tanjung Priok

TNI Angkatan Laut (TNI AL) berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar vaksinasi Go To School bagi pelajar sekolah dan bangun wisata bahari berbasis edukasi bertempat di Mako Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta.

“Ini adalah Langkah yang saya sebut sebagai 3G yaitu Gercep (gerak cepat), Geber (gerak bersama) antara TNI AL, Kemenparekraf dan Kemenkes, Komisi A DPRD Jakarta dan Gaspol (garap semua potensi untuk menang melawan pandemi)," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meninjau langsung gelaran itu bersama Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono dalam keterangannya, Rabu (1/9).

Ia mengapresiasi Vaksinasi Go To School yang dilaksanakan TNI AL melalui Kolinlamil yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf, Kemenkes dan pemerintah daerah. Langkah ini akan mengerek urutan Indonesia yang baru memvaksin 30,6% dosis I dan 17% dosis II.

“Kita akan serbu terus vaksinasi ke seluruh wilayah nusantara dan saya yakin minat dan animo masyarakat semakin terbuka. Ini yang kita sebut vaksin asyik di tempat piknik," imbuhnya.

Baca juga: Serbuan Vaksinasi TNI AL Koarmada II Diserbu Warga Kabupaten Tegal

Hal senada disampaikan Wakasal Ahmadi Heri, TNI AL akan mendukung penuh pemerintah untuk ikut berperan dalam menguatkan herd immunity.

"TNI AL juga bersinergi dengan pemerintah daerah, depertemen, lembaga terkait, TNI-Polri sehingga mudah-mudahan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk membangun herd immunity bagi seluruh rakyat Indonesia agar cepat tercapai," ungkap Wakasal.

Wisata Bahari

TNI AL dan Kemenparekraf bersinergi dalam kegiatan wisata edukasi khusus wisata bahari. Kolinlamil selain menjadi tempat TNI AL dalam kegiatan operasi, juga menjadi tempat yang diminati para wisatawan bahari. Terbukti 200 sampai dengan 300 pengunjung datang tanpa dipromosikan setiap hari.

Sandiaga menilai Kolinlamil bisa mengikuti USS Interpid yang ada di New York dan Pearl Harbour Hawaii yang menjadi tujuan wisatawan utama di New York juga Hawaii.

"Saya sangat mengapresiasi TNI AL dengan atraksi wisata berbasis edukasi yang diiniasiasi oleh Kolinlamil," ujar Sandi.

Wakasal mengaku dukungan pemerintah untuk menjadikan Kolinlamil sangat penting. TNI AL sangat menyambut baik program wisata bahari ini.

“Untuk kunjungan ke militer ini tidak sulit, hanya perlu mengirimkan surat permohonan dari sekolah mana, seminggu atau 2 minggu sebelumnya, seperti yang dilaksanakan di Armada II atau Kotama-kotama TNI AL lainnya. Jadi, tidak sulit," tutur Ahmadi Heri.(OL-5)

BERITA TERKAIT