26 August 2021, 14:45 WIB

LIPI Tunggu Hasil Review Obat Herbal dari Badan POM


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
 ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
Peneliti melakukan pengeringan beku ekstrak bahan alam untuk imunomodulator di Laboratorium LIPI, Cibinong, Bogor, Jumat (17/7/2020).

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) masih menunggu hasil review Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) terkait obat herbal atau imunomodulator untuk penanganan pasien Covid-19.

"Saat ini kita sedang menunggu hasil review BADAN POM," ucap Kepala Kelompok Penelitian Center for Drug Discovery and Development, Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Masteria Yunovilsa Putra saat dihubungi, Kamis (26/8).

Baca jugaPermudah Pengadaan di Sekolah, Kemendikbudristek Luncurkan SIPLah

Obat herbal yang diajukan review Badan POM yakni jamur Cordyceps militaris dan kombinasi ekstrak herbal. Bahan-bahan alami dipilih karena memanfaatkan hasil bumi di berbagai daerah sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Klaim yang kami ajukan sebagai terapi komplementer untuk peningkatan sistem imun pasien covid-19," kata Masteria.

Obat herbal tersebut sudah diajukan kepada Badan POM sejak Desember 2020 namun hingga Agustus 2021 belum ada jawaban dari Badan POM.

LIPI sendiri membuat obat herbal yang diharapkan bisa memaksimalkan hasil bumi yang dikombinasikan untuk menjaga ketahanan tubuh pasien covid-19 dan membantu daya tahan tubuh.

"Kombinasi herbal antara lain jahe merah, sambiloto, meniran dan daun sembung," pungkasnya. (H-3)

BERITA TERKAIT