20 August 2021, 21:20 WIB

Untuk Pertama Kali Merah Putih Berkibar di Toronto City Hall 


Media Indonesia | Humaniora

Dok KJRI Toronto
 Dok KJRI Toronto
Konjen RI Leonard F Hutabarat (kanan) bersiap mengibarkan bendera merah putih di Toronto City Hall

UNTUK pertama kali dalam 39 tahun sejarah berdirinya KJRI Toronto, Pemerintah Kota Toronto memberikan kesempatan kepada KJRI Toronto untuk mengibarkan bendera merah putih di Toronto City Hall. Pengibaran bendera tersebut dilakukan protokol Kota Toronto pada pukul 10:00 waktu setempat dan disaksikan langsung Konsul Jenderal (Konjen) RI Toronto, Leonard F Hutabarat.

Selain Indonesia, negara ASEAN yang pernah diberikan kesempatan yang sama oleh City of Toronto adalah Filipina dan Vietnam. Kedua negara tersebut memiliki jumlah masyarakat yang relatif besar di Kota Toronto, yaitu sekitar 250 ribu orang Filipina dan 45 ribu orang Vietnam. Dengan masyarakat Indonesia yang berjumlah sekitar 10 ribu orang di wilayah kerja KJRI Toronto (Provinsi Ontario, Manitoba, Saskatchewan, dan Nunavut), kesempatan pengibaran bendera merah putih di Toronto City Hall merupakan sebuah kehormatan.

Hal ini juga menunjukkan semakin eratnya hubungan people-to-people antara Indonesia dengan masyarakat Kota Toronto dan dapat membuat Indonesia semakin dikenal di mata masyarakat Kanada. 

"Pengibaran bendera merah putih tersebut akhirnya terwujud untuk pertama kali sejak berdirinya KJRI Toronto pada 1 Desember 1982 di Kanada," ujar Konjen RI Toronto, Leonard F Hubarat dalam siaran persnya.

Momentum bersejarah tersebut juga menjadi highlight Konsul Jenderal RI Toronto dalam sambutannya pada upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan ke-76 RI di halaman Wisma Indonesia Toronto pada 17 Agustus 2021. Toronto merupakan ibukota Provinsi Ontario sekaligus pusat ekonomi dan keuangan bagi Kanada. 

Leonard menambahkan bahwa Ontario dalam hal ini berperan penting dalam peningkatan kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dan Kanada, khususnya sebagai tujuan dari sekitar 55% total ekspor Indonesia ke Kanada. Pada semester I 2021, ekspor Indonesia ke Kanada meningkat sebesar 24,22% dibandingkan periode yang sama di 2020. 

Dalam periode yang sama, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal juga mencatat bahwa nilai investasi Kanada di Indonesia mencapai US$78,8 juta, naik sebesar 14,36% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KJRI Toronto berlangsung lancar dan khidmat. Enam pelajar dan mahasiswa Indonesia di Kanada didaulat menjadi pasukan pengibar bendera (Paskibra). Salah satu di antaranya adalah Lea Betli Baransano, mahasiswi penerima beasiswa dari Pemerintah Provinsi Papua dan sedang menempuh studi undergraduate pada jurusan Healthcare Management di Humber College. 

Putri daerah Papua tersebut menyampaikan rasa senang dan bangga dapat menjadi salah satu pengibar bendera. Menurutnya, kesempatan menjadi paskibra menjadi penyemangat baginya untuk menyelesaikan studi di Kanada dan bahkan ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2. "Saya bertekad menyumbangkan ilmu ini kelak untuk memajukan Indonesia, khususnya Provinsi Papua," ungkap Lea. 

Sesuai protokol kesehatan yang berlaku, upacara dihadiri secara terbatas sekitar 30 staf dan keluarga besar KJRI Toronto. Kegiatan perayaan juga dimeriahkan dengan sejumlah perlombaan dan permainan seperti makan kerupuk, tarik tambang dan balap kelereng serta sejumlah permainan lainnya. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT