11 August 2021, 14:30 WIB

UPH Gandeng Oracle Dorong Transformasi Digital di Sektor Pendidikan


Faustinus Nua | Humaniora

UPH
 UPH
UPH beralih ke teknologi Oracle Cloud untuk mendukung tujuan digitalnya.

UNIVERSITAS Pelita Harapan (UPH) meninggalkan sistem administrasi lama yang dinilai membutuhkan lebih banyak biaya dan waktu untuk pemeliharaannya dan beralih kepada teknologi digital, berkolaborasi dengan perusahaan teknologi Oracle Indonesia. Dengan cara ini, UPH dapat memprioritaskan dan berinvestasi pada program dan kurikulum lainnya.

"UPH beralih ke teknologi Oracle Cloud untuk mendukung tujuan digitalnya, sehingga dapat menyediakan proses administrasi yang efektif serta kurikulum holistik. Ini untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk masa depannya," ungkap Chief Technology Officer UPH Firman Rusly dalam rilisnya.

Dijelaskannya, UPH telah memilih Oracle Fusion Cloud Enterprise Resource Planning (ERP) dan Oracle Enterprise Performance Management (EPM) untuk memudahkan pengelolaan sistem keuangan.

Selain menyasar efisiensi biaya hingga 30%, teknologi baru ini membuat kampus bisa membekali 19.000 mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk pekerjaan di masa depan.

"Dengan sistem ini, fakultas di semua institusi di bawah UPH dapat mengakses satu platform terintegrasi," imbuhnya.

Pemindahan program lama ke Oracle cloud akan memungkinkan UPH untuk mengurangi biaya tahunan pemeliharaan sistem keuangannya sebanyak 30%. Hal ini akan memungkinkan UPH untuk memindahkan dana tersebut ke arah kesejahteraan mahasiswa dan kurikulumnya.

Sementara itu, Head of Applications Oracle Indonesia, Iman Muhammad menyampaikan bahwa pihak sangat mendukung transformasi digital di sektor pendidikan. Mengingat di tengah perkembangan zama khususnya di masa pandemi berpindah ke digital menjadi piliham utama.

"Sebelum pandemi memang sudah memulai transformasi digital. Tapi di masa pandemi terjadi akselerasi. Jadi mau tidak mau institusi pendidikan harus bisa mengatasi presure ini," tuturnya.

Iman membeberkan bahwa teknologi cloud computing yang ditawarkan Oracle merupakan solusi yang dapat membantu kampus berkembang. Semua data dapat disatukan dalam satu platform yang kemudian meningkatkan efisiensi.

Selain itu, sistem cloud ini menjamin keamanan data sebab bersifat end to end. Sehingga, pengguna tidak perlu khawatir terjadi kebocoran data. Apalagi sistem keamanan cloud terus diupgrade.

Dia menambahkan bahwa Oracle terus memberdayakan institusi pendidikan tinggi dengan solusi paling komprehensif dan lengkap. Layanan cloud baru dan menarik ditargetkan pada penyelarasan proses internal, pendaftaran mahasiswa, proses pembelajaran dan kesejahteraan staf. (H-2)

 

BERITA TERKAIT