01 August 2021, 15:00 WIB

Wamendag Apresiasi Hippindo Gelar Vaksinasi Bagi Pelaku UMKM dan Pedagang


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat mengunjungi kegiatan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku UMKM dan pedagang di Surakarta, Jateng.

WAKIL Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi peran Hippindo (Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia) mendukung pencapaian target vaksinasi Covid-19 nasional.

Hal ini disampaikan Wamendag saat bersama-sama, Bupati Karanganyar Juliatmono, dan Ketua Hippindo Budiharjo Iduansyah dalam program vaksinasi Hippindo di de'Colomadu, Surakarta, Jawa Tengah.

Menurut Wamendag, program vaksinas Covid-19 adalah wujud keikutsertaan stake holder dalam mencapai herd immunity yang berguna untuk memulihkan ekonomi masyarakat.

"Ini adalah peran konkret para pengusaha yang menurut saya penting karena akan mendukung pencapaian herd immunity khususnya di sektor perdagangan dan UMKM," kata Jerry pada keterangan pers, Minggu (1/8).

Hippindo sendiri diketahui sangat aktif mengadakan program vaksinasi di berbagai Daerah diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Solo.

Menurut Ketua Hippindo Budiharjo Eduansyah, ini merupakan kepedulian para pelaku usaha yang tergabung dalam Hippindo terhadap kesehatan publik yang terdampak covid-19.

"Dengan percepatan vaksinasi masyarakat diharapkan perdagangan bergairah kembali sehingga semua pihak bisa kembali pulih ekonominya. Begitu juga dengan teman-teman UMKM bisa kembali berproduksi dan tumbuh." Kata Budi.

Wamendag juga menilai vaksinasi Covid-19 yang diadakan Hippindo ini menunjukkan sinergi pemerintah, stakeholders, dan masyarakat bahu membahu mengatasi Covid-19. 

"Sinergi ini merupakan wujud dari kesepahaman bersama dan ikatan untuk saling mendukung sebagai bangsa," ucapnya.

"Sebenarnya bukan masyarakat umum saja yang ingin segera bisa beraktivitas seperti biasa. Pengusaha juga karena selama ini mereka juga berada di situasi yang tidak mudah karena pandemi. Karena itu mereka bersama pemerintah dan masyarakat punya kepentingan Yang sama agat kehidupan kembali normal," tegas Wamendag.

Wamendag bukan hanya menjalin kolaborasi dengan pelaku usaha dan UMKM, tetapi juga mendapatkan informasi dan aspirasi terkini dari para pelaku usaha.

Ia juga mengatakan bahwa para pelaku usaha siap memberi masukan agar kebijakan pemerintah makin bagus dampaknya di masyarakat.

"Para pelaku usaha melihat ada trend bagus dari pemberlakuan PPKM Darurat beberapa minggu ini, khususnya di Jabodetabek. Mereka berharap ada kebijakan-kebijakan yang berdampak serupa bagusnya untuk Daerah lain. Jadi perdagangan di daerah juga bisa segera pulih," paparnya.

Dengan penerapan PPKM, ditambah dengan vaksinasi massal angka penderita baru Covid-19 makin turun di Jakarta. Demikian juga dengan angka kematian yang terus turun.

"Artinya bagi banyak pelaku usaha, kebijakan kesehatan pemerintah sudah berada pada jalur yang tepat. Diharapkan seiring itu kebijakan di bidang ekonomi dan perdagangan juga terus dimonitor keberhasilannya," tutur Wamendag. 

Stimulus-stimulus baik yang menyasar pelaku usaha maupun yang berupaya meningkatkan daya beli masyarakat hendaknya dibarengu dengan regulasi yanv makin baik.

"Karena itu para pelaku usaha mengharapkan turunan dari UU Cipta Kerja bisa segera diselesaikan agat memberikan kepastian hukum dan kemudahan dalam berusaha." paparnya. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT