26 July 2021, 06:05 WIB

Cara Cepat Kuasai Bahasa Inggris


Cahya Mulyana | Humaniora

Antara/Ahmad Subaidi.
 Antara/Ahmad Subaidi.
Sejumlah anak belajar berbahasa Inggris di Ruang Pintar yang disediakanITDC dan PNM di Lombok Tengah, NTB.

BANYAK jalan menuju Roma. Peribahasa itu tepat untuk menggambarkan beragam cara mudah menguasai bahasa Inggris.

Ketika mulai belajar bahasa Inggris, sebagian besar orang menyerah sebelum mencoba. Tentu belajar bahasa Inggris tidak semudah itu, apalagi menghafal kosakata yang terdengar aneh.

Dalam bahasa Inggris, hanya sekitar 300 kata yang meliputi 65% bacaan dan penulisan sehari-hari. Artinya, mempelajari bahasa Inggris tidak sesulit yang dikira.

Tentu selain kosakata (vocabulary), kita tetap harus mempelajari tata bahasa (grammar). Mau tahu cara cepat menguasai bahasa Inggris? Berikut rinciannya:

1. Flashcard.

Flashcard merupakan jenis kartu dengan kata-kata dalam kategori tertentu. Misalnya, kosakata tentang binatang, warna, atau makanan. Kartu ini sering kali dianggap membosankan. Tapi, cara ini terbukti ampuh untuk penghafalan karena kata-kata diulang terus menerus.

Flashcard bisa dibuat sendiri dengan mudah. Ada pula beragam flashcard bahasa Inggris di pasaran yang bisa dibeli. Biasanya, flashcard ini disertai dengan gambar sehingga terlihat lebih menarik.

2. Dengarkan musik dan tuliskan. 

Secara tidak sadar kita belajar bahasa Inggris saat mendengar lirik lagu barat. Mendengar musik merupakan metode yang sering dipakai untuk mengajari bahasa pada anak kecil. Tapi, bukan berarti orang dewasa tidak bisa mengambil manfaat ini.

3. Baca buku berbahasa Inggris. 

Agar lebih nyaman, kita dapat mulai dengan membaca buku paling menarik seperti yang dipenuhi dengan beragam gambar.

4. Baca berita dan artikel. 

Beberapa contoh website yang populer yaitu CNN, Dailymail, dan Yahoo News. Semakin sering kita membaca artikel berbahasa Inggris, penguasaannya pun semakin cepat.

5. Tonton film. 

Ini cara ringan tapi membantu menguasai pemahaman bahasa Inggris. Saat menonton, nyalakan subtitle dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Pastikan pause video setiap kalimat yang membingungkan.

Tulis dan terjemahkan kalimat tersebut. Ulangi terus cara ini setiap hari. Walau menjenuhkan, proses ini terbukti efektif loh!

6. Dengarkan podcast.

Kita dapat memilih tema yang disukai. Misalnya cerita komedi, olahraga, hingga sosial budaya.

7. Rutin menulis. 

Jangan khawatir melakukan kesalahan. Soalnya, dengan memperbaiki kesalahan kita dapat meningkatkan pemahaman bahasa Inggris.

8. Gunakan aplikasi gratis.

Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu kita mahir dalam berbahasa Inggris. Misalnya aplikasi menulis gratis, Grammarly, yang bisa mengecek tata bahasa dan kosakata Inggris.

Baca juga: Siapkan Lulusan Kompetitif, 1000 Guru Bahasa Inggris SMK Siap Ikuti Lokakarya

Bagi pemilik smartphone, coba unduh aplikasi DuoLingo. Aplikasi ini cukup populer digunakan untuk belajar berbagai bahasa, seperti Bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, bahkan Indonesia. Jangan lupa menyiapkan kamus daring sehingga lebih mudah karena bisa langsung dilihat dengan gawai. 

9. Latih bicara di depan cermin.

Kepercayaan diri akan naik berbanding lurus dengan penguatan kosakata dalam ingatan. Langkah ini bisa dilakukan tiga kali per minggu selama 15 menit.

10. Ikut berbagai forum di internet.

Langka itu dapat menambah kekayaan kosakata. Banyak orang di dunia yang ingin belajar yang sana tapi jangan mudah menyebarkan informasi pribadi.

11. Ambil kursus. 

Dengan kemajuan era saat ini kita bisa memilih kursus daring supaya tidak keluar rumah. Maklum, sekarang lagi masa pandemi covid-19. (OL-14)

BERITA TERKAIT