23 July 2021, 18:57 WIB

Ini Solusi dari Iluni Terkait Polemik Statuta UI


Mediaindonesia.com | Humaniora

dok Iluni UI
 dok Iluni UI
Ketua Iluni UI Andre Rahadian

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) mendorong agar Empat Pilar UI perumus statuta yaitu Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Rektor UI Ari Kuncoro,  Senat Akademik Universitas (SAU), Dewan Guru Besar (DGB) segera menyampaikan klarifikasi atas polemik Statuta UI. Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan, klarifikasi ini perlu disegerakan agar polemik ini segera usai. “Jika keempat pilar tersebut bisa menjelaskan mengenai statuta, maka segalanya akan menjadi lebih transparan dan publik bisa menilainya lebih positif,” kata Andre dalam siaran persnya yang diterima Media Indonesia, Jumat (23/07).

Rektorat dan MWA UI diharapkan membuka jalur komunikasi yang terbuka, kekeluargaan serta  menjamin mimbar akademis dan kehidupan kampus yang demokratis dan berlandaskan keilmuan tanpa kekhawatiran yang tidak perlu. “Jika pihak rektorat dan MWA  tidak  segera memberikan penjelasan, ILUNI UI akan menyalurkan pandangan warga UI terhadap statuta. Sebagai bagian dari keluarga besar UI, saran dan kritikan dari para alumni itu perlu diketahui tidak perlu dipersepsikan sebagai sikap melawan rektorat. Inidemi kemajuan bersama,” tegas Andre.

Sikap ILUNI UI, lanjut Andre, merujuk seperangkat nilai budaya yang dapat menjadi acuan bagi semua warga UI, baik dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan dan Majelis Wali Amanat dalam bersikap dan berperilaku di lingkungan UI. Ke-9 nilai budaya UI tersebut di antaranya : Kejujuran, Keadilan, Keterpercayaan, Kemartabatan, Tanggung Jawab, Kebersamaan, Keterbukaan, Kebebasan Akademik  dan Kepatuhan pada Peraturan. Nilai budaya ini telah ditetapkan dalam pasal 2, Peraturan Majelis Wali Amanat UI No. 004 Tahun 2015 tentang Anggaran Rumah Tangga Universitas Indonesia.

Andre mengajak segenap sivitas akademika UI dengan kepala dingin dan berlandaskan 9 nilai UI itu untuk mengambil langkah-langkah bijaksana dan menjaga nama baik UI sebagai pusat ilmu dan budaya bangsa. “Visi yang dimiliki UI yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi dan kebudayaan yang unggul dan berdaya saing, dan ini harus didukung oleh Majelis Wali Amanat, Rektorat, Senat Akademik Universitas, dan Dewan Guru Besar,” tandasnya. (RO/M-4)

BERITA TERKAIT