01 July 2021, 17:22 WIB

Luhut: 90% Suplai Tabung Oksigen untuk Kebutuhan Medis


M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora

MI/Andri Widiyanto
 MI/Andri Widiyanto
Warga mengantre untuk melakukan isi ulang oksigen di kawasan Manggarai, Jakarta.

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita untuk mengalokasikan 90% tabung oksigen bagi kebutuhan medis.

"Terkait ketersediaan oksigen, kami sudah meminta kepada Menteri Perindustrian agar memerintahkan produsen oksigen, mengalokasikan 90% produksinya untuk kebutuhan medis," ujar Luhut dalam konfenrensi pers virtual, Kamis (1/7).

Luhut mengungkapkan telah melakukan rapat koordinasi dengan Menteri Agus terkait penggunaan tabung oksigen di tengah lonjakan kasus covid-19.

Baca juga: Menperin Pastikan Suplai Oksigen Aman, Pasokan 850 Ton/Hari

"Tadi kami sudah rapat dan kami sudah tata dari apa yang kita lihat. Kalau keadaan seperti ini, Inshaallah semua tidak ada masalah soal ini (tabung oksigen)," pungkasnya.

Selain itu, Luhut meminta pemerintah provinsi untuk memerintahkan Satgas Penanganan Covid-19 terkait pengaturan oksigen kebutuhan medis. Dalam hal ini, satgas juga akan berkoordinasi langsung dengan Kementerian Kesehatan, jika mengalami kesulitan pasokan oksigen.

"Kami meminta masing-masing provinsi agar membentuk satgas, yang memastikan ketersediaan oksigen alkes dan farmasi. Satgas ini akan berkoordinasi langsung dengan Menteri Kesehatan, jika terjadi kesulitan suplai," kata Luhut.(OL-11)

BERITA TERKAIT