28 June 2021, 06:00 WIB

Ikan Hias Tawar Murah tapi Menawan


Cahya Mulyana | Humaniora

Antara.
 Antara.
Ilustrasi.

MASYARAKAT dapat merawat ikat hias untuk mempercantik dekorasi rumah. Beberapa jenis mahluk air ini dapat menjadi pilihan karena sangat mudah dirawat juga memiliki harga yang terjangkau.

1. Cupang

Ikan hias air tawar berukuran mungil ini memiliki beragam warna dan bentuk yang sangat menarik dengan biaya perawatan yang sangat minim.

Hanya butuh botol yang diisi air, ikan tetap dapat hidup dan sesekali diberi pakan cacing. Sifatnya sangat agresif sehingga tidak jemu untuk melihat keindahan sirip dan warnanya yang menawan.

2. Koi

Jenis mahluk air tawar ini paling ramah di telinga karena sudah lama menjadi primadona banyak pecinta ikan hias. Koi memiliki ciri khas perut buncit dan warna yang cerah dan beragam.

Biasanya ikan ini ditempatkan di kolam depan rumah. Semakin banyak akan sangat bagus untuk dipandang. Ikan ini juga minim perawatan karena cukup dengan memastikan kualitas air tetap jernih serta diberi pakan berupa pelet yang pagi dan sore.

3. Botia

Ikan nokturnal itu cukup cantik bila dihadirkan di dalam rumah. Merawatnya dapat memperkaya koleksi ikan hias air tawar.

Pasalnya ikan ini cukup bersahabat disatukan dengan ikan jenis lain. Terdapat beberapa jenis ikan hias ini yang menjadi primadona, di antaranya ikan botia macan, ikan botia badut, ikan botia morleti, dan ikan botia India.

4. Black ghost atau ikan hantu hitam

Ikan itu berasal dari sungai Amazon. Ikan ini unik karena memiliki warna hitam pekat dengan bentuknya yang pipih dan panjang.

Pakannya tidak sulit, cukup dengan jentik nyamuk dan serangga air kecil atau pelet. Ikan ini dapat beradaptasi dengan baik di iklim Indonesia.

5. Manfish

Ikan tersebut dapat menjadi pilihan berikutnya bagi Anda yang ingin memelihara atau menambah koleksi ikan hias air tawar. Ikan ini sangat mudah dipelihara karena dapat dicampur dengan jenis ikan hias lainnya dalam satu tempat.

Ikan ini berbadan pipih dan sirip yang memanjang serta memiliki banyak pilihan warna membuat ikan ini cocok sebagai penghias akuarium dengan harga yang ramah di kantong.

6. Lemon

Itulah ikan hias air tawar yang namanya sama seperti buah dari salah satu jenis jeruk. Nama itu disematkan karena ikan ini memiliki warna yang sama dengan buah lemon.

Ikan ini memiliki daya tahan yang cukup kuat. Namun ikan lemon termasuk ikan yang agresif sehingga sulit digabungkan dengan ikan jenis lain dalam satu akuarium.

Baca juga: Pelaku UMKM Ikan Hias Dapat Perlindungan dari BPJAMSOSTEK

 

7. Guppy

Ikan hias tersebut mudah dipelihara dan bagus untuk menjadi penyempurna koleksi di rumah. Ikan ini memiliki ukuran kurang lebih 2,5 sampai 5 cm serta memiliki sirip yang cantik dengan berbagai motif warna yang menarik dan mudah beranak-pinak. (OL-14)

BERITA TERKAIT