19 June 2021, 21:38 WIB

Dubes RI Heri Siap Dukung Promosi Kesenian Indonesia di Jepang


mediaindonesia.com | Humaniora

Foto KBRI Tokyo
 Foto KBRI Tokyo
Dubes RI untuk Jepang Heri Akhmadi bertemu kelompok kesenian Sanggar Hana Joss dan Grup Reog Ponorogo di Osaka, Jepang, Jumat (18/6). 

DUTA Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi melakukan pertemuan dengan kelompok kesenian wayang kulit Sanggar Hana Joss dan Grup Reog Ponorogo di Osaka, Jepang, Jumat (18/6).

Pertemuan tersebut dimaksud untuk mengetahui perkembangan promosi kesenian dan kebudayaan Indonesia di Jepang.

Dalam pertemua itu, turut hadir mendampingi Dubes Heri Akhmadi dan istri Nuning Akhmadi dan Konsul Jenderal RI Osaka Diana ES Sutikno, Koordinator Fungsi Politik KBRI Tokyo Andi Ardiansyah dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno.

Dalam pertemuan itu, Heri Akhmadi memastikan komitmen Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo untuk mendukung upaya positif dari seluruh seniman Indonesia dalam mempromosikan kesenian Indonesia kepada masyarakat Jepang. 

"Saya sangat mengapresiasi langkah positif dari seniman Indonesia di Jepang dalam promosi kekayaan ragam seni Indonesia. Kami dukung penuh kerja keras mereka," ujar Heri.

Melalui diplomasi seni budaya Indonesia seperti ini, lanjut Heri, diharapkan agar masyarakat Jepang dapat lebih mengenal kekayaan seni dan budaya Indonesia. 

Sementara itu, Ki Dalang Rofit Ibrahim, pimpinan Sanggar Hana Joss, menyambut gembira atas dukungan Dubes Heri dalam membantu aktifitas seniman Indonesia di Jepang.

"Saya sangat berterima kasih atas kepedulian Pak Dubes. Ini membuat  kami semangat melangkah ke depan. Kami tadi juga membahas masa depan kebudayaan indonesia di antaranya wayang kulit dan reog sebagai promosi budaya indonesia di Jepang," kata Rofit Ibrahim.

Dalam pertemuan dengan Dubes RI, Ki Dalang Rofit Ibrahim berharap, di tahun-tahun mendatang dirinya bersama seluruh seniman Indonesia dapat kembali mementaskan kesenian Indonesia di berbagai wilayah di Jepang. "Tentunya dengan dukungan kerja sama KBRI Tokyo," katanya.

Di akhir pertemuan, Heri Akhmadi menyampaikan harapannya, di tahun 2023 mendatang, KBRI Tokyo dapat menyelenggarakan Festival Persahabatan Indonesia Jepang untuk 2023, dengan menghadirkan seluruh seniman Indonesia yang ada di Jepang. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT