15 June 2021, 12:35 WIB

Presiden: Kampus Merdeka Strategi Talent Boosting


Faustinus Nua | Humaniora

MI/ Andri Widiyanto
 MI/ Andri Widiyanto
KEMENDIKBUD LUNCURKAN KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim saat membuka Gerakan Mer

PRESIDEN  Joko Widodo menyampaikan bahwa gerakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan upaya penyiapan talenta Indonesia. Hal itu merupakan strategi talent boosting yang harus didukung semua pihak.

"Ini merupakan strategi talent boosting yang harus didukung dan program ini membutuhkan kolaborasi dari kita semuanya, baik kampus, mahasiswa, industri semuanya dan semua pihak akan diuntungkan," ungkap Presiden dalam Festival Kampus Merdeka 2021, Selasa (15/6).

Untuk menyukseskan gerakan tersebut dan tujuan Indonesia maju, lantas dibutuhkan kerja sama semua pihak. Presiden mengajak semua pihak untuk membuka diri dan berkolaborasi, sebab memajukan SDM melalui pendidikan merupakan tanggung jawab bagi semua elemen bangsa.

"Ini bukan hanya pekerjaan Mas Menteri, Mendikbud, ini pekerjaan kita semuanya terutama di jajaran pemerintahan, industri pimpinan kampus semuanya kalau kita mau membenahi negara ini menuju Indonesia maju," tegasnya.

Jokowi meminta agar dalam kolaborasi harus mementingakan kecepatan. Review kurikulum di kampus harus cepat, kemudian pengembangan program pendidikan di dunia industri juga harus diprioritaskan. "Juga pengembangan ekosistem nasional harus kita benahi," tandasnya.(H-1)

BERITA TERKAIT