12 June 2021, 20:30 WIB

Tingkatkan Pendidikan Mandiri, CGI Kerja Sama dengan UPI


Mediaindonesia.com | Humaniora

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
.

PENDIDIKAN merupakan pilar utama yang harus dikedepankan untuk saat ini. Tidak hanya dari sisi pembelajaran, perguruan tinggi juga harus mandiri memperoleh pendapatan.

Alasan itulah yang mendorong PT Citra Garda Internusa (CGI) menggandeng Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Peresmian kerja sama ini dilakukan di gedung CGI, Jakarta Selatan, Jumat (11/6).

"PT CGI sudah menandatangani kerja sama ini sejak November 2020, tetapi peresmiannya baru sekarang. Kami menyediakan satu lantai untuk UPI membuka kantor perwakilan badan usaha milik kampus (BUMK) di sini," ucap Septono Karyadi, perwakilan Direktur PT CGI, dalam keterangan resmi, Sabtu (12/6).  

Kerja sama dengan BUMK UPI yang berada di bawah naungan PT UPI Edun Indonesia ini dalam bidang jasa di antaranya bimtek, IT, konseling, FNB, dan konstruksi. "Misalnya data centre UPI yang awalnya berada di Jatinegara akan dipindahkan di sini. Tujuannya memudahkan administrasi Jakarta-Bandung (Kampus UPI). Kebetulan sekali UPI sudah banyak bekerja sama dengan kementerian di Jakarta dan beberapa instansi terkait. Kami memprakarsai untuk perwakilan berkantor satu induk, satu atap UPI di sini."

Ia menuturkan akan ada pelatihan untuk dosen tersertifikasi agar memenuhi standar perguruan tinggi. Makulm, UPI merupakan perguruan tinggi nasional berbadan hukum (PTNBH).

Jangka panjang yang akan dilakukan yaitu pembangunan gedung baru kampus UPI yang rencananya dibangun di Sumedang, Jawa Barat. Mulai dari masterplan hingga terwujudnya gedung kampus baru tersebut membutuhkan waktu tujuh tahun. Persiapan pembangunan kampus baru UPI ini untuk olimpiade pada 2032. Investasi kerja sama ini bernilai Rp10 triliun.

Bila tidak ada halangan, MoU itu akan dilanjutkan dengan kerja sama berikutnya untuk jangka waktu 20-25 tahun. "Saya berharap agar kerja sama ini berjalan dengan sukses, langgeng, serta mendapatkan kepuasan tersendiri untuk masyarakat karena ini bidang jasa," tuturnya.

Hal senada diungkapkan Rektor UPI M Solehuddin. Sekarang perguruan tinggi dituntut harus semakin mandiri, tidak hanya di bidang akademik tetapi finansial pula. Apalagi UPI termasuk PTNBH yang didorong oleh pemerintah untuk mandiri termasuk dalam penghasilan.

"Pembukaan BUMK di sini untuk mendukung keperluan finansial. Di kerjasama ini saya punya harapan. Pertama, semoga kerja sama ini dapat mendukung income general dan pembiayaan pendidikan perguruan tinggi. Kedua, UPI mendukung kebijakan Menteri Pendidikan, kampus merdeka, merdeka belajar. Karena itulah mahasiswa kita harus didorong untuk magang termasuk juga dosen. Saya berharap pembukaan kantor ini dapat mewujudkan harapan tersebut. Satu sisi kerja sama ini dapat membuat income general perguruan tinggi dan satu sisi membuat sarana untuk magang atau praktik keahlian mahasiswa kami," kata Rektor UPI.

Baca juga: ITD Unair Teliti Potensi Tanaman Obat Anti-HIV

 

Ia membenarkan bahwa kantor cabang perwakilan BUMK UPI itu merupakan yang pertama di Jakarta. Ia pun berharap PT UPI Edun bisa menjadi holding company yang nanti melahirkan anak-anak perusahaan yang sesuai dengan spesifikasinya. "Yang jelas kerja sama ini tidak mengganggu proses belajar mengajar di UPI justru untuk meningkatkan dunia magang ke depan," ujarnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT