30 May 2021, 02:05 WIB

Tips Memelihara Ikan Cupang bagi Pemula


Dhika Kusuma Winata | Humaniora

Antara
 Antara
Hobi memelihara ikan cupang tengah menjamur.

HOBI memelihara ikan cupang kian digemari masyarakat semenjak pandemi covid-19. Lalu bagaimana tips merawat ikan cupang bagi pemula?

Tak perlu bingung, merawat cupang tidak sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mulai memilih cupang sebagai hobi baru.

Berikut ulasannya dikumpulkan dari berbagai sumber:

Air harus bersih

Memelihara ikan cupang Anda harus memerhatikan kondisi air. Air harus dalam keadaan bersih. Jika ada kotoran ikan yang menumpuk, harus segera diganti. Atau mudahnya Anda harus mengganti air kisaran 3-7 hari.

Siapkan wadah yang pas

Ikan cupang bisa dipelihara di toples kecil atau wadah yang disesuaikan dengan ukuran ikan. Seperti diketahui, cupang harus diletakkan di wadah satu per satu, karena sifatnya agresif.

Beri makan yang tepat

Makanan ikan cupang ini sebetulnya tidak rumit dicari. Anda bisa memberi encu atau benih nyamuk atau cacing kecil.

Pakai daun ketapang

Jika sirip atau ekor cupang terluka setelah diadu jangan panik. Daun ketapang bisa mengobati cupang ikan kesayangan Anda. Tinggal masukkan daun ke dalam air untuk proses pemulihan ikan yang terluka.

Agar sehat cupang harus dijemur

Jangan salah, cupang juga butuh berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ya, cupang membutuhkan vitamin D cukup pada pukul 08.00 sampai 10.00. (OL-13)

BERITA TERKAIT