21 May 2021, 00:10 WIB

Untuk Tingkatkan Kualitas SDM, Golkar Gelar Kursus IELTS Online


mediaindonesia.com | Humaniora

Ist
 Ist
Pengurus Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) DPP Partai Golkar Fitri Krisnawati Tandjung.

UNTUK meningkatkan kemampuan bahasa Inggris bagi para kader Partai Golkar dan masyarakat umum, Bidang Pendidikan dan Kebudayaan, Koordinator Bidang Kesejahteran Rakayat Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar menggelar kursus bahasa secara online atau daring.

Kursus bahasa Inggris secara daring dengan ‘Learn IELTS (International English Language Testing System) with Golkarpintar’ batch pertama yang diikuti 30 peserta yang diseleksi dari 120 peserta yang mendaftar dilaksanakan pada 20 Mei-27 Agustus 2021.     

Terkait pelaksanaan kursus bahasa Inggris secara virtual, Pengurus Bidang Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) DPP Partai Golkar Fitri Krisnawati Tandjung mengatakan  kursus online ini diselanggarakan secara gratis bagi peserta yang terseleksi dari seluruh Indonesia.

“Kursus bahasa Inggris online  akan ditujukan sebagai program yang berkelanjutan untuk beberapa batch ke depan,” ucap Fitri pada keterangan pers, Kamis (20/5). 

Ia menjelaskan bahwa kursus bahasa Inggris online diasuh mentor mentor yang memiliki sertifikasi mengajar bahasa Inggris dan lulusan luar negeri. “Kursus diadakan seminggu 2 kali, setiap hari Selasa dan Jumat,” ujarnya. 

Program Learn IELTS with Golkarpintar mendapat sambutan dari kader parti dan juga masyarakat umum dan terlihat dari jumlah peserta yang mendaftarkan diri.

 Namun, kuota peserta untuk batch 1 dibatasi 30 peserta yang dipilih  berdasarkan hasil seleksi, seperti hasil esai pendek dan placement test.

Peserta yang terpilih di batch pertama terdiri dari berbagai latar pendidikan dan profesi, berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Peserta  di antarany6a dari  Papua, Pontianak Kalimantan Tengah, Samarinda Kalimantan Timur, Makassar Sulawesi Selatan, Palu Sulawesi Tenggara,  Dompu Sumbawa, kota kota di Sumatra seperti Sibolga, Tanjung Pinang, dan kota kota di Jawa seperti Surabaya, Solo, Semarang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta.

Dalam sambutannya, Pengurus DPP  Bidang Dikbud  Amirah Kaca, menambahkan, Partai Golkar terus berkontribusi untuk kemajuan kadernya dan memposisikan sebagai  partai yang juga melayani masyarakat umum. Antara lain dengan memanfaatkan teknologi online,  kursus persiapan ujian IELTS ini.

“Terbukti hasil  seleksi perserta ini,  tidak hanya ditujukan bagi  kader pengurus partai, namun sebagian besar justru masyarakat umum, seperti dosen, karyawan swasta, karyawan pemerintah daerah  dan pegawai lembaga negara,” jelas Amirah.  

“Dengan demikian diharapkan kursus online ini dapat meningkatkan kerja samanya tidak hanya semasa kursus namun juga dalam kegiatan kemasyarakatan,” tambahnya.

Perlu diketahui bahwa IELTS digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, khususnya Eropa, USA, dan Australia.  Di Indonesia, kementerian dan instansi lokal juga menggunakan IELTS sebagai keharusan dalam proses promosi, kenaikan jabatan atau sertifikasi bagi dosen.

Demikian pula beberapa universitas, menjadikan IELTS sebagai syarat kelulusan untuk siswa S2 dan S3. Pelatihan Bahasa Inggris online akan memfokuskan kepada materi  tatabahasa (grammar), mendengar (listening),  berbicara (speaking/interview), dan menulis (writing).

Sementara itu, Sekarwati, Wakil Sekretaris Jenderal  DPP Golkar, menyampaikan harapan bahwa peserta yang sudah dapat berbahasa Inggris dan membaca dengan baik, namun lebih dari itu 

“Kita bersama-sama membuktikan bahwa melalui kursus online IELTS teman teman mendapatkan hasil skor  yang  sifatnya lebih terukur, untuk sukses karir ke depan atau mendapatkan beasiswa,  “ ujar Sekarwati.

Acara launching  Program Learn IELTS with Golkarpintar Batch 1, diadakan pada tanggal 20 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional.

Agustian Budi Prasetya, Ketua Bidang Dikbud Korbid Kesra DPP Partai Golkar, menyampaikan meski kegiatan ini tidak ditujukan semata memperingati hari  Kebangkitan Nasional 20 Mei.

“Namun semangat teman-teman peserta sebagai orang terpelajar, dan siap kompetisi  merupakan modal  sukses  menjadi bangsa Indonesia yang tangguh,” jelasnya. (RO/OL-09) 

 

BERITA TERKAIT