14 May 2021, 17:17 WIB

Nahdliyyin Inggris Salurkan Zakat untuk Penyandang Disabilitas


Humaniora | Humaniora

Dok. PCINU Inggris Raya
 Dok. PCINU Inggris Raya
Penyaluran zakat dan bantuan NUCare-Lazisnu UK bersama Yayasan Kahuripan Solo.

Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) United Kingdom bersama NUCare Lazisnu Inggris Raya menyalurkan zakat dan bantuan untuk warga penyandang disabilitas serta panti asuhan. Demikian keterangan Rais Syuriah PCINU UK, KH. Didiek Sri Wiyono, Ph.D kepada media ini, Jumat (14/5).

Didiek menyampaikan bahwa zakat sudah disalurkan di akhir Ramadan sesuai dengan ketentuan syariah yang berlaku. Sedangkan, paket bantuan dari beberapa donatur disalurkan kepada beberapa panti asuhan di Solo, Jawa Tengah.

"Untuk penyaluran zakat, kami bekerja sama dengan NUCare-Lazisnu di Indonesia serta Yayasan Kahuripan Solo. Zakat didistribusikan ke Yayasan Rehabilitasi Mental di Solo serta Yayasan Panti Asuhan al-Uswah, Klaten, Jawa Tengah," ungkap Didiek.

Baca juga: Arsjad Apresiasi Perjuangan Perawat Hadang Laju Pandemi

Dalam penyaluran zakat dan bantuan ini, NUCare-Lazisnu UK bersama Yayasan Kahuripan Solo, ditemani Duta NUCare-Lazisnu UK Yasmin Khalifaturahmah. 

Direktur NUCare-Lazisnu UK, Yudhi Ariadi mengungkapkan bahwa pihaknya mempertimbangkan aspek pemberdayaan dalam distribusi zakat dan sedekah.

"Dari warga muslim Inggris, kami dipercaya mengelola ratusan paket zakat, sedekah dan infak, yang kami salurkan untuk warga difabel serta pemberdayaan warga miskin," terang Yudhi.

Lebih lanjut, Yudhi menyampaikan bahwa pada tahun lalu pihaknya memberikan bantuan kepada WNI di Inggris yang terdampak pandemi. "Tahun lalu kami fokus untuk mengelola bantuan dan distribusi zakat kepada warga terdampak pandemi di Inggris. Alhamdulillah tahun ini situasinya lebih baik, jadi WNI di Inggris sudah aman. Maka, kami salurkan ke Indonesia," jelasnya.

NUCare-Lazisnu UK secara rutin menyelenggarakan program-program pemberdayaan untuk peningkatan skill warga, juga distribusi infak, zakat dan sedekah untuk program produktif. Selain itu, NUCare-Lazisnu United Kingdom juga telah menyalurkan program bantuan beasiswa untuk beberapa mahasiswa Indonesia (H-3)

BERITA TERKAIT