11 May 2021, 17:04 WIB

Kemendikbudristek-LPDP Siapkan 1.000 Beasiswa Kampus Kelas Dunia


Syarief Oebaidillah | Humaniora

DOK MI
 DOK MI
Kemendikbud

KEMENTERIAN Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) mencanangkan program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA). Disiapkan kuota bagi 1.000 mahasiswa Indonesia menempuh kuliah berbagai universitas kelas dunia di berbaga negara.

"Kami bersepakat dengan Kemendikbudristek, tahun ini akan memberikan kesempatan bagi 1.000 mahasiswa terbaik Indonesia untuk kuliah di kampus atau perguruan tinggi kelas dunia di luar negeri," kata Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso pada peluncuran IISMA secara daring, Selasa, (11/5). Turut hadir Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, Dirjen Dikti Kemendikbudristek Nizam, Direktur Pembelajaran Dikti Kemendikbudristek Aris Junaidi.

Dwi Larso mengutarakan program beasiswa ini merupakan langkah terobosan pemerintah yang menjadi kesempatan emas bagi para mahasiswa Indonesia. LPDP mengharapkan mahasiswa Indonesia dapat meraih pembelajaran terbaik melalui beasiswa IISMA tersebut. Terdapat sekitar 73 perguruan tinggi kelas dunia yang menjadi tujuan program ini

Dia menjelaskan skema beasiswa para peserta akan berada di luar negeri selama satu maupun dua semester. Skema bantuan program IISMA mencakup semua komponen yang dibutuhkan para peserta. Seperti biaya hidup bulanan, biaya asuransi kesehatan, biaya tes PCR untuk covid-19 sebelum berangkat dan kembali ke Indonesia

LPDP juga membantu biaya penerbitan visa dan biaya darurat bagi mahasiswa. "Intinya peserta hanya memperjuangkan proses seleksi untuk dapat lulus diterima pada program ini," tandasnya. (OL-15)

 

BERITA TERKAIT