10 May 2021, 21:15 WIB

Moto Ladies Berbagi Berkah Ramadan


Media Indonesia | Humaniora

Dok Semok
 Dok Semok
Anggota Moto Ladies membagikan tajil kepada pengendara.

STIGMA perempuan dalam berkendara kerap menyusahkan pengguna jalan lain, tak berlaku bagi Moto Ladies. Bahkan mereka bertekad menjadi bagian dari tertib berlalu lintas.

Beranggotakan 30 perempuan yang menyukai motor besar, komunitas ini hadir mewarnai Ramadan dengan berbagi keceriaan. Akhir pekan lalu di sejumlah sudut jalan ibu kota Jakarta, mereka memberikan penganan bagi para pengendara yang terpaksa berbuka puasa di jalanan.

"Ada sekitar 100 boks penganan untuk berbuka puasa bagi mereka yang masih berada di jalanan," ujar Ketua Moto Ladies Reza Proxy dalam keterangannya di Jakarta, Senin (10/5). Mereka melaksanakan kegiatan mulia ini di sekitar kawasan Radio Dalam dan Barito, Jakarta Selatan. 

Reza mengungkapkan kalau ini merupakan kali kedua bagi komunitasnya dalam berbagi sedikit kebahagiaan. Sebelumnya juga sudah menggelar buka puasa bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim di kawasan Jakarta Selatan.

Komunitas perempuan pecinta motor besar ini datang dari berbagai kalangan dan profesi. Berdiri sejak 2019, Moto Ladies mengusung slogan Gas Terus dengan berusaha mengubah stigma negatif terhadap perempuan pengendara sepeda motor.

Reza tak menampik ketika ada stigma nyinyir 'ketika perempuan naik sepeda motor, sein kiri menyala tapi belok kanan' hingga kurang mematuhi rambu-rambu di jalan raya. Perubahan yang dilakukan Moto Ladies adalah dengan ikut serta menggaungkan program safety riding kepada pengendara motor perempuan. Selain itu memberikan pengetahuan tentang cara berkendara yang aman di jalan raya.

Selain kegiatan berbagi takjil, Moto Ladies mendapatkan kesempatan mencoba simulator mobil balap di Akademi Digital Motor Sport Indonesia (ADMI). (RO/O-2)

BERITA TERKAIT