14 April 2021, 14:17 WIB

Undip masih Favorit Peserta UTBK-SBMPTN 2021


Faustinus Nua | Humaniora

Antara/Aji Styawan.
 Antara/Aji Styawan.
Mahasiswa Undip.

UNIVERSITAS Diponegoro menjadi salah satu kampus pilihan di antara perguruan tinggi lain bagi calon mahasiswa baru. Sebagai PTN unggulan yang memiliki sederet prestasi, Undip mampu menarik minat para peserta UTBK-SBMPTN 2021.

Tahun ini jumlah peserta UTBK di Undip sebanyak 25.302 orang. Jumlah tersebut terdiri dari program saintek sebanyak 12.681, soshum 11.971, dan campuran 650 orang.

"Undip merupakan universitas favorit di Jawa Tengah. Saya sangat ingin masuk di universitas terbaik. Jurusan yang saya pilih yakni Keperawatan dan Administrasi Bisnis. Saya ingin jadi pebisnis yang andal atau di bidang kesehatan karena menjadi tim kesehatan merupakan tugas mulia. Semoga saya diterima di salah satu jurusan yang saya pilih," ungkap Febzia Fajar Inayah, lulusan SMA Sultan Agung I Semarang, dikutip dari laman Undip, Rabu (14/4).

Senada denga Febzia, lulusan SMA Sultan Agung I Semarang Sofi Afida Ningrum mengatakan pilihannya yaitu Manajemen dan Kesehatan Masyarakat. "Saya ingin bekerja di bank. Saya berpikir bahwa jurusan yang mendukung cita-cita saya ialah Manajemen. Jika tidak diterima mungkin bisa masuk di FKM karena saya juga tertarik bidang kesehatan. Bagi saya Undip itu adalah universitas yang bagus dan favorit jadi saya memilihnya," tuturnya.

Rizki Nanda Al Kausar, lulusan SMA N I Boja, menyampaikan dirinya ingin masuk di Undip seperti saudara-saudaranya yang kuliah di Undip. Dia memilih jurusan Hukum dan Informatika. "Selain kakak-kakak kuliah di Undip, saya memilih jurusan Hukum karena ingin melanjutkan perjuangan ayah sebab beliau lulusan sarjana hukum dan bekerja di bidang hukum juga. Sedangkan Informatika karena sejak dulu suka komputer," kata dia.

Untuk UTBK 2021, Undip melaksanakan 24 sesi yakni pada 12-19 dan 26-30 April 2021. Tes dilaksanakan di kampus Pleburan dan Tembalang. Jumlah peserta UTBK di kampus Undip Pleburan setiap hari (2 sesi) sejumlah 390 orang. Sedangkan jumlah peserta UTBK di kampus Undip Tembalang setiap hari ada 1.980 orang yang juga dibagi dalam 2 sesi. (OL-14)

BERITA TERKAIT