24 March 2021, 12:05 WIB

Siswi MAN 2 Kota Madiun Mahasiswa Termuda yang Lolos SNMPTN Unair


Zubaedah Hanum | Humaniora

Universitas Airlangga
 Universitas Airlangga
Logo kampus

UNIVERSITAS Airlangga (Unair) enerima 1.374 calon mahasiswa dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021. Dari jumlah tersebut, terdapat empat pelajar berusia di bawah 16 tahun yang lolos.
 
"Mahasiswa termuda dengan nama Ainiyah Hasna Fadhilah dari MAN 2 Kota Madiun kelahiran 2005, atau tepatnya usia 15 tahun, 4 bulan. Dia diterima di prodi kesehatan masyarakat," kata Rektor Unair Mohammad Nasih yang juga menjadi Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), seperti dikutip dari Medcom.id.
 
Selanjutnya, pelajar termuda kedua yang diterima ialah Hasna Azizah dari SMAS International Islamic High School (IIHS) DKI Jakarta. Hasna lahir 23 September 2005 dan diterima di ilmu hukum.

Siswi ketiga, Risqi Nabila Ramadhani dari SMAN 1 Ponorogo yang lahir 19 Juli 2005 diterima di prodi kedokteran, dan Anditya Azzahra dari SMAN 1 Taman Sidoarjo yang lahir pada 17 Juni 2005, diterima di farmasi.
 
Nasih menambahkan, pada tahun ini jumlah calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN di UNAIR masih didominasi perempuan, yakni lebih dari 78%. Selain didominasi perempuan, tambah Nasih, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN juga didominasi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.
 
"Calon mahasiswa dari jalur umum persentasenya 18% sedangkan pemegang KIP kuliah sebesar 24,31% atau 334 orang. Tahun ini ada 584 sekolah yang siswanya lulus SNMPTN di Unair," ujarnya.
 
Adapun program studi dengan persentase penerima calon mahasiswa dari pemegang KIP kuliah terbanyak di Unair ialah prodi biologi yang angkanya mencapai 51%, lalu disusul prodi sosiologi 46,15%.

Nasih menegaskan, pelajar yang diterima UNAIR pada SNMPTN murni karena prestasi. Ia mengimbau para orang tua agar tidak percaya jika ada oknum yang mengatakan bisa memasukkan calon mahasiswa ke UNAIR.

"Jika ada yang bilang seperti itu, tolong laporkan ke kami. Jika ada orang yang meminta uang, apalagi yang mengaku sebagai orang dalam tolong segera laporkan," tegasnya. (H-2)

BERITA TERKAIT