22 March 2021, 14:03 WIB

BPOM Pastikan tidak Hentikan Uji Klinis Vaksin Nusantara


Atalya Puspa | Humaniora

MI/Tosiani
 MI/Tosiani
Ilustrasi

BADAN Pengawas Obat dan Makanan mengungkapkan hingga saat ini pihaknya tidak menghentikan uji klinis vaksin nusantara yang kini tengah berlangsung. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala BPOM Penny Lukito.

"BPOM tidak menghentikan (uji klinis vaksin nusantara). Dalam proses uji klinis, kita lakukan inspeksi, audit, review uji klinis, harus ada juga perbaikan-perbaikan dala, porses uji tersebut. Dalam hal ini memang harus ada kerja sama dari kedua belah pihak," kata Penny di Jakarta, Senin (22/3).

Adapun, Penny mengungkapkan bahawa saat ini pihaknya masih berproses melakukan evaluasi uji klinis vaksin nusantara tahap I. Ia menegaskan, pihaknya akan terus mendukung dan melakukan pendampingan bagi siapapun yang memiliki insiatif untuk mengembangkan obat dan vaksin terkait dengan pandemi covid-19.

Baca juga : Vaksinasi Saat Puasa Disebut Bisa Lebih Bermanfaat

"Kita apresiasi berbagai pemikiran tapi tetap mengikuti tata aturan standar yang berlaku, mulai dari good laboratory, manufacturing, cara uji klinis yang baik harus tetap ditegakan," beber Penny.

Seperti diketahui, pemerintah tengah mengembangkan berbagai vaksin buatan dalam negeri untuk covid-19, salah satunya yakni vaksin nusantara. Adapun, vaksin nusantara digagas oleh mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Saat ini, penelitian praklinis dan proses uji klinis vaksin nusantara dilakukan oleh sejumlah lembaga dan perguruan negeri, diantaranya RS Kariadi, Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, dan FK UNS Surakarta. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT