19 March 2021, 10:12 WIB

Aprilia Ubah Nama Jadi Aprilio Perkasa Manganang


Cahya Mulyana | Humaniora

Facebook/Aprilia
 Facebook/Aprilia
Sersan Dua (Serda) TNI Aprilia Santini Manganang yang sebelumnya dikenal sebagai pemain bola voli putri.

MANTAN atlet bola voli putri nasional Sersan Dua (Serda) TNI Aprilia Santini Manganang menjalani persidangan perubahan nama yang digelar Pengadilan Negeri Tondano secara virtual. Ia berencana mengubah namanya menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

"Mengganti identitas nama dari nama semula Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Manganang," kata salah satu Tim Kuasa Hukum Aprilia Manganang, Kolonel CHK Anggiat Lumban Toruan saat membacakan berkas permohonannya, dalam sidang secara virtual di Markas Besar TNI AD, Jakarta, Jumat (19/3).

Selain nama Aprilia juga mengajukan jenis kelamin dan data administrasi kepada majelis hakim. Pada kesempatan ini, Aprilia didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa beserta istri Hetty Andika Perkasa dan sejumlah pejabat teras TNI AD.

Tidak hanya itu, Aprilia yang mengenakan seragam resmi TNI AD berlengan pendek untuk kali pertama ini juga didampingi kedua orang tuanya. Ayah dan ibunya bertindak sebagai saksi dalam permohonan pengubahan nama dan identitas lainnya itu.

Aprilia sudah dipastikan berjenis kelamin laki-laki usai menjalani pemeriksaan dan operasi oleh tim medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Aprilia mengidap hipospadia atau kelainan lubang urin dan divonis sebagai seorang perempuan sejak lahir. (Cah/OL-09)

BERITA TERKAIT