15 March 2021, 14:30 WIB

Bike2Work Desak DKI Wujudkan Jalur Sepeda Terproteksi 


Media Indonesia | Humaniora

Dok Bike2Work
 Dok Bike2Work
Unsur pimpinan Komisi B DPRD DKI saat menerima audiensi

AKTIVITAS bersepeda di Indonesia semestinya menjadi game changer karena mengubah banyak hal seperti mengurangi subsidi BBM, mengatasi kerugian akibat kemacetan, hingga menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kerugian akibat kemacetan saja diprediksi mencapai Rp100 triliun dalam setahun hanya untuk wilayah Jabodetabek saja," ujar Poetoet Soedarjanto, ketua Bike2Work Indonesia saat beraudiensi dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta terkait jalur sepeda terproteksi di Jakarta, Senin (15/3).

Ia juga mengungkapkan angka kecelakaan lalu lintas yang membuat kita terbelalak karena setiap satu jam ada 3 orang mati sia-sia di jalan raya. Selain itu, bersepeda bisa melawan gaya hidup malas bergerak yang menjadi sumber beragam masalah kesehatan.

Dalam pertemuan itu juga terungkap jalur sepeda terproteksi baru terealisasi sekitar 3 kilometer, dari rencana 11,6 kilometer di akhir Maret 2021. Topik ini menjadi suguhan hangat pengguna jalan raya khususnya pengguna kendaraan bermotor. Poetoet menyambut gembira respons oleh anggota DPRD DKI Jakarta.

Padahal, ini merupakan realisasi dari UU No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Permenhub No. 59 tahun 2020 tentang Keselamatan Bersepeda di Jalan, terutama hak atas rasa aman (UUD NRI tahun 1945 Pasal 28 dan 28G). 

"Ditinjau dari sudut pandang yang lain, adanya jalur sepeda terproteksi sesungguhnya merupakan upaya agar semakin banyak orang yang menggunakan sepeda sebagai alat bermobilitas," tukasnya.

Di belahan dunia lain, aktivitas bersepeda sudah  dikaitkan dengan peradaban baru yang lebih ramah lingkungan. Hal itu juga menjadi solusi atas ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil.

Menjadi pertanyaan besar ketika banyak kota di seluruh dunia menjadikan aktivitas bersepeda sebagai bagian dari kebijakan solusi tanpa polusinya. Sementara Indonesia tetap bertahan dengan car centric

Karena itulah, pertemuan dengan DPRD DKI Jakarta ini menjadi kesempatan yang baik bagi Bike2Work Indonesia menyampaikan aspirasinya. Selain itu sekaligus bertukar pendapat dan ide dengan para wakil rakyat. (RO/O-2)

BERITA TERKAIT