28 December 2020, 08:48 WIB

Menkominfo: Peringatan Natal Virtual Cermin Semangat Transformatif


Faustinus Nua | Humaniora

Istimewa
 Istimewa
Misa Natal di Gereja Katedral Makassar dilaksanakan secara virtual maupun tatap muka dengan prokes ketat.

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan  perayaan Natal Nasional 2020 yang menggambungkan pertemuan langsung dengan prokes ketat dan tayangan ibadah virtual merupakan terobosan cara beribadah sekaligus menjadi cermin tumbuhnya semangat transformatif.

"Dari sebelumnya dilakukan secara fisik di gedung gereja, kini dilakukan secara online di rumah masing-masing bersama keluarga. Hal ini juga menandakan bahwa dengan kemajuan teknologi dan tersedianya infrastruktur TIK dan digital, Indonesia dapat menjalankan ibadah dan merayakan Natal secara daring," ujar Johnny G. Plate dalam sambutan Perayaan Natal Nasional 2020 melalui keterangan resmi, Minggu (27/12) malam.

Menteri Johnny menyatakan, terobosan pelaksanaan peringatan secara hibrida menjadi cerminan semangat menggereja yang tumbuh secara transformatif. 

"Semangat yang hendaknya kita satukan untuk menyukseskan program akselerasi transformasi digital yang dicanangkan Presiden Bapak Joko Widodo, menghantarkan Indonesia menuju bangsa digital menghadapi Era Industri 4.0," ucapnya.

Menurutnya, kondisi yang dialami Indonesia saat ini tentu menyadarkan manusia sebagai makhluk yang rentan di tengah berbagai kekuatan duniawi. Kesadaran ini selayaknya menjadi basis persaudaraan dan solidaritas, memperkokoh nasionalisme, serta rasa persatuan sebagai bangsa yang besar, bangsa yang cepat beradaptasi dan cepat menyesuaikan arahnya adaptability dan agility.

Rasa subsidiaritas dan solidaritas Umat Kristiani lebih lanjut tercermin dalam pelaksanaan kegiatan sosial oleh Panitia Natal Nasional berupa program dukungan penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh di beberapa lokasi di Papua. Serta pemberian bantuan untuk 8.424 anak asuh di 186 panti asuhan dan rehabilitasi yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Persatuan ini telah dicontohkan oleh eratnya tali persaudaraan dan solidaritas ekumenis yang dijalin kedua komunitas gereja, PGI dan KWI. Dengan ini, patutlah kita bersyukur kepada Tuhan yang senantiasa membimbing perjalanan karya misi Umat Kristen dan Katolik dalam membangun masyarakat Indonesia," ungkapnya.

Perayaan yang disiarkan secara langsung melalui Stasiun TVRI dan kanal Youtube Kemkominfo TV tersebut diisi oleh rangkaian prosesi ibadah dan perayaan Hari Natal Nasional. Menteri Kominfo hadir secara langsung di tempat acara yang digelar di Mall Ciputra Artpreneur, Jakarta. Kapasitas ruangan diisi tidak lebih dari 25% pengunjung. 

"Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal tahun ini yang dihelat secara daring tetap berlangsung khidmat, khusyuk, dan membahagiakan," ujarnya menegaskan pelaksanaan ibadah secara virtual tidak mengurangi makna perayaan natal.(OL-3)
 

BERITA TERKAIT