05 July 2017, 05:00 WIB

Yoga Bantu Minimalkan Nyeri Haid


(Pro/H-3) | Humaniora

AFP PHOTO / GEOFFROY VAN DER HASSELT
 AFP PHOTO / GEOFFROY VAN DER HASSELT
Yoga Bantu Minimalkan Nyeri Haid

MENSTRUASI kadang menjadi hal yang mencemaskan bagi sebagian perempuan. Mereka mengalami ketidaknyamanan baik sebelum maupun saat menstruasi, seperti lemah, nyeri perut, dan suasana hati yang kelabu. Sebenarnya, gejala-gejala mengganggu tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara. Salah satunya ialah dengan yoga. "Gerakan yoga tertentu akan membuat area sekitar rahim, bokong, pinggul, dan sekitar alat reproduksi perempuan menjadi lebih rileks.

Yoga juga secara otomatis akan membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Namun, pilihlah gerakan yoga yang ringan, tenang, sehingga membuat lebih rileks," ujar Mentor Kapha Yoga Hijaber Indonesia Yoga School, Lusy Show IYS Ryt 200, dalam acara Yoga Ngabuburit with Kiranti, di Jakarta, bulan lalu. Lusy mengatakan setiap pelaku yoga harus pintar-pintar memilih gerakan yang sesuai dengan kondisi tubuh.

Saat menstruasi, beberapa gerakan yang dianjurkan bagi perempuan di antaranya child's pose (balasana), camel pose (ustrasana), dan pigeon pose. Selain itu, ada gerakan menekuk badan ke depan atau paschimottanasana. Ada pula gerakan yoga pencegah nyeri haid yaitu bhujangasana atau cobra pose. Pose tersebut sangat baik untuk mengurangi nyeri di area pinggang dan perut.

"Ada beberapa gerakan yang tidak boleh dilakukan seperti gerakan memelintir yang terlalu keras. Bagi Anda yang ingin tetap melakukan gerakan ke kanan dan ke kiri harus dilakukan senyaman mungkin," kata Lusy. Perempuan yang tengah menstruasi juga diimbau tidak melakukan gerakan mengangkat kaki terlalu tinggi melebihi dada dan kepala. Kehadiran instruktur sangat dianjurkan dalam setiap sesi latihan bagi pelaku yoga yang masih pemula. "Anda harus pintar-pintar memilih gerakan agar tidak mengganggu peredaran darah. Usahakan untuk tidak melakukan gerakan terlalu lama karena bisa menghambat darah yang harusnya keluar saat menstruasi," ujar Lusy.

Kendalikan emosi
Diungkapkan Lusy, selain berdampak positif pada kondisi fisik, yoga mampu menenangkan pikiran dan membuat emosi terkendali. Dengan demikian, yoga juga membantu meredam emosi yang terganggu akibat perubahan suasana hati yang menyertai menstruasi. "Agar mendatangkan manfaat meredam gejala-gejala mengganggu yang menyertai mentruasi, yoga harus dilakukan secara rutin. Dengan demikian, tubuh akan telah lebih siap dalam menghadapi waktu menstruasi setiap bulan," saran Lusy. (Pro/H-3)

 

BERITA TERKAIT