20 May 2023, 15:17 WIB

Inspirasi dari Asrinda Basri, Anak Rantau Pemenang TikTok Awards


Mediaindonesia.com | Hiburan

Ist
 Ist
Asrinda Basri

Di tengah era digital yang semakin padat informasi, hanya segelintir sosok yang mampu memikat perhatian kita. Salah satu sosok tersebut adalah Asrinda Basri, anak rantau asal daerah Kalimantan yang kerap menciptakan konten menghibur. Asrinda baru saja memenangkan Creator of The Year di perhelatan TikTok Awards. Dengan keceriaan dan kesederhanaannya, Asrinda telah berhasil membangun sebuah komunitas yang loyal dan penuh kegembiraan.

Baca juga : Kenali Rinaldi Nur Ibrahim Influencer Pendiri Youth Ranger Indonesia dan Otti Chips

Asrinda Basri lahir di Anabanua Wajo, Sulawesi Selatan, dan tumbuh besar di Tenggarong, Kalimantan Selatan. Ia menempuh pendidikan di jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Kutai Kartanegara. Latar belakangnya dari daerah kecil dan memiliki keterbatasan ekonomi membuat Asrinda memiliki impian untuk merantau dan mencari pengalaman di Jakarta. Ia berusaha mewujudkan impian itu dengan mnenjadi kreator konten. "Alhamdulillah banyak capaian yang sudah aku dapatkan, terutama bisa membahagiakan orang tua. Syukur alhamdulillah dengan aku jadi kreator konten," terangnya.

Asrinda memanfaatkan platform TikTok dan YouTube sebagai media utama untuk menciptakan konten-kontennya. Ia mulai mendapatkan popularitas di TikTok pada tahun 2020 dengan sketsa komedi, tantangan, dan vlog sehari-hari.

Lewat videonya, Asrinda memikat hati pengguna TikTok dengan konten-kontennya yang lucu, polos, dan imut-imut. Ia memiliki kemampuan untuk tampil dengan gaya yang polos dan menghibur, yang membuatnya sangat diminati oleh para ibu. Konten-kontennya yang menghadirkan keceriaan dan kesederhanaan berhasil menciptakan ikatan emosional dengan demografi ibu-ibu yang mengikuti karyanya. Salah satu kontennya yang paling populer adalah video dengan kalimat, "Di tempakmu apa namanya, di tempakku namanya...?" yang menciptakan perbandingan lucu antara makanan dan benda dengan sebutan yang berbeda di Indonesia.

Asrinda juga melakukan kolaborasi dengan kreator konten lain, termasuk Anggun Supriyadi yang dikenal karena video makan terasi.

Pada tahun 2023, Asrinda Basri meraih penghargaan sebagai Creator of The Year dalam ajang TikTok Awards, menandai pencapaian gemilang dalam kariernya. Melalui perjalanan yang dimulai dari awal hingga merantau ke Jakarta untuk mengejar impian, Asrinda yakin bahwa setiap anak muda memiliki potensi yang unik. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah ketakutan untuk mengekspresikan diri mereka secara bebas.  "Tanamkan pada diri kita untuk meraih kesuksesan dengan terus menggali potensi apa yang ada pada diri kita jangan pernah takut untuk mencoba dan menyerah," tutur Asrinda.

Saat ini terhitung Asrinda memiliki lebih dari 5,4 juta pengikut di platform TikTok. Selain itu, sebagai tambahan, Asrinda juga memiliki kanal YouTube yang berfokus pada konten perjalanan. Jumlah pelanggan di kanal YouTube-nya telah mencapai angka 719 ribu. (B-4)

BERITA TERKAIT