26 April 2023, 14:20 WIB

Penerus Dita dan Loudi, Zayyan Jadi Orang Indonesia Ke-3 yang Debut di Korea Selatan


Joan Imanuella | Hiburan

Dok. IG Xodiacofficial
 Dok. IG Xodiacofficial
Grup musik K-pop Xodiac yang beranggotakan Zayyan.

Meskipun dengan berbagai rintangan, salah satu lagi warga negara Indonesia debut menjadi seorang idol K-pop di Korea Selatan. Ia adalah Muhammad Zayyan yang bergabung dengan grup Xodiac. Debutnya pada Selasa, (25/4), membuat Zayyan menjadi orang Indonesia ketiga yang jadi idol di Korea Selatan setelah Dita Karang dari grup Secret Number dan Blue (Loudi) dari grup I4U.

Di bawah agensi OCJ Entertainment, Muhammad Zayyan atau yang biasa disebut dengan Zayyan menampilkan lagu pertamanya, ‘Throw a Dice’ pada showcase Selasa (25/04) kemarin.

Xodiac terdiri dari sembilan anggota yakni Lex, Leo,Hyunsik, Sing, Gyumin, Davin, Beomsoo, Wain, dan Zayyan. Lagu debut dari Xodiac memiliki instrumen yang sangat memikat sehingga bisa membuat hati siapa saja yang mendengarkannya langsung terkesan, bahkan meski baru mendengarnya pertama kali.

Baca juga: Seventeen Kirim Pesan untuk Kaum Muda Lewat FML

Pada bulan Oktober 2022, agensi mulai memperkenalkan Muhammad Rifki Fahri Zayyan sebagai trainee OCJ newbies kepada publik. Debut di Korea Selatan menunjukkan bahwa seseorang telah berhasil melewati proses seleksi yang sangat ketat. Sebelum mengumumkan debut, agensi musik mengadakan audisi yang berat dan menyeleksi kandidat dengan cermat, mencari orang yang memiliki bakat, penampilan, dan kepribadian yang baik.

Setelah melewati audisi, calon idol akan menjalani pelatihan yang sangat ketat, yang dapat berlangsung selama bertahun-tahun, untuk mempersiapkan mereka menjadi penyanyi profesional. Semangat dan tekad yang tinggi dibutuhkan untuk bertahan dan berhasil melalui proses pelatihan ini.

Baca juga: Suga Rilis Video Musik untuk Lagu AMYGDALA 

Kemudian, debut di Korea Selatan juga menunjukkan bahwa seseorang telah berhasil membangun fanbase yang besar. Setelah debut, para idol akan mempromosikan lagu mereka melalui berbagai acara televisi dan media sosial, sehingga memperoleh popularitas dan penggemar.

Fans ini sering disebut sebagai fandom, dan mereka memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan karir seorang idol. Para idol berusaha untuk memberikan performa terbaik dan memuaskan penggemarnya, dan kehadiran para penggemar yang loyal ini memberikan semangat dan dukungan yang besar bagi mereka.

Dengan debut di Korea Selatan seseorang dapat memiliki kesempatan untuk berkembang dan mengejar karir di industri hiburan yang lebih luas. Sebagai seorang idol, seseorang dapat mengambil bagian dalam berbagai proyek, seperti membintangi drama, film, atau iklan.

Selain itu, kesuksesan di industri musik juga membuka pintu untuk mengejar karir di bidang lain, seperti fashion, kosmetik, atau olahraga. Dengan semangat dan kerja keras yang terus menerus, para idol Korea Selatan telah membuktikan bahwa tak ada yang tidak mungkin dalam mencapai impian dan tujuan mereka.

(Z-9)

 
 

 

BERITA TERKAIT