29 January 2023, 08:45 WIB

Kolaborasi Bonobo dan Jacques Greene Lahirkan Single Fold


Basuki Eka Purnama | Hiburan

MI/HO
 MI/HO
Bonobo dan Jacques Greene

PRODUSER, DJ, dan musisi peraih 5 nominasi penghargaan Grammy Bonobo merilis kolaborasi terbarunya dengan Jacques Greene berjudul Fold, lewat label OUTLIER miliknya.

Fold, yang siap menghentak lantai dansa, adalah musik baru pertama Bonobo di 2023 dan hadir hampir tepat satu tahun setelah perilisan album penuh terbarunya Fragments. 

Meskipun Greene telah sebelumnya bergabung dengan Bonobo dalam tur Fragments, musim panas lalu, ini adalah kolaborasi musik mereka yang pertama.  

Baca juga: Bonobo Rilis Single Defender

"Phil (AKA Jacques Greene) ketika itu sedang berada di LA dan singgah untuk ngopi dan nongkrong di studio. Kami kemudian membuat sebagian besar lagu ini pada hari itu. Kami masing-masing memainkan beberapa versi yang berbeda dalam set DJ kami selama musim panas (aku bahkan pernah membawakannya dalam sebuah pertunjukan live). Lagu ini sangat cocok di penampilan DJ setku dan aku sangat senang akhirnya bisa merilisnya untuk publik," cerita Bonobo, alias Simon Green.

Bonobo telah meraih dua nominasi penghargaan Grammy untuk Fragments, untuk kategori Best Dance/Electronic Music Album dan kategori Best Dance/Electronic Recording untuk Rosewood. 

Ia kini berbagi rekor nominasi terbanyak dalam kategori Dance/Electronic Recording dengan The Chemical Brothers dan Madonna, dan kini telah tujuh kali menjadi nominator. 

Bonobo juga baru-baru ini dinominasikan untuk BRITs Award pertamanya untuk kategori Best Dance Act bersama dengan berbagai musisi seperti Becky Hill, Calvin Harris, Eliza Rose, dan fred again.

Album Bonobo, Fragments, yang dirilis pada Januari 2022, meraih berbagai pujian dan sambutan hangat serta berhasil mencapai posisi #3 di chart Billboard Top Dance / Electronic Albums, serta #5 di chart Official UK Albums. 

Fragments menampilkan berbagai musisi ternama seperti Jamila Woods, Joji, Kadhja Bonet, Jordan Rakei, O'Flynn dan Miguel Atwood-Ferguson.

Bonobo adalah salah satu nama terbesar dalam ranah musik dance saat ini. Ia telah tampil di panggung utama berbagai festival musik ternama dunia termasuk Sónar Hong Kong, Laneway Festival Singapore, Glastonbury Festival, Coachella, dan baru saja tampil di Mrs. Sippy Bali pada awal Januari 2023. 

Ia juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dari berbagai genre termasuk Erykah Badu dan Jon Hopkins, dan merilis remix untuk Gorillaz dan Michael Kiwanuka. (RO/OL-1)

VIDEO TERKAIT :

BERITA TERKAIT