22 August 2022, 08:54 WIB

HBO Max Hapus Sekitar 200 Episode Sesame Street


Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Hiburan

AFP/TIMOTHY A. CLARY
 AFP/TIMOTHY A. CLARY
Karakter Sesame Street Cookie Monster dan Elmo berada di Empire State Building mempromosikan Sesame Street Live! Let’s Party!

HBO Max terus melakukan aksi bersih-bersih di platformnya termasuk menghapus sekitar 200 episode lama acara anak-anak Sesame Street.

Penghapusan episode Sesame Street dan konten lainnya oleh HBO Max tampaknya menjadi bagian dari langkah pengetatan anggaran oleh pemilik baru Warner Bros. Discovery, yang bertujuan mengurangi kewajiban pembayaran konten streaming. 

Pada Jumat (19/8), HBO Max mendaftarkan 456 total episode Sesame Street, dengan pilihan dari Musim 1, 5 dan 7 dan jajaran lengkap dari Musim 39-52 terbaru. 

Baca juga: Aktor Sesame Street Emilio Delgado Tutup Usia

Dari jumlah tersebut, hanya 29 yang berasal dari musim paling awal. Sebelumnya, layanan streaming tersebut menawarkan sekitar 650 total episode Sesame Street, termasuk episode dari musim 2-4, musim 6 dan yang dari setiap musim antara 8 dan 35. 

Warner Bros. Discovery mengonfirmasi bahwa HBO Max menghapus beberapa episode lama Sesame Street, pekan ini. 

"Sesame Street adalah dan selalu menjadi bagian penting dari budaya televisi dan permata mahkota dari penawaran prasekolah kami," kata juru bicara HBO Max dalam sebuah pernyataan kepada Variety. “Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan Sesame Street ke rumah keluarga, termasuk dengan musim 53 yang tayang perdana musim gugur ini dan lebih dari 400 episode dari musim terbaru dan terakhir yang tetap ada di Cartoonito di HBO Max," ungkap Warner Bros. Discovery.

Perwakilan Sesame Workshop tidak menanggapi permintaan untuk komentar. Episode Sesame Street terus tersedia di PBS Kids dan saluran Sesame Street di YouTube. 

HBO dan Sesame Workshop pertama kali mencapai kesepakatan pada 2015, memberikan aliran pendapatan baru untuk Sesame Street, sambil memberikan hak kepada HBO untuk menjalankan episode baru dari seri terlebih dahulu sebelum muncul di rumah lamanya, PBS. 

Perjanjian mereka saat ini membuat musim Sesame Street baru pertama kali ditayangkan di HBO Max hingga 2025. 

Masih tersedia untuk saat ini di HBO Max, selain episode yang tersisa dari seri Sesame Street, adalah 10 episode Sesame Street Mecha Builders, tujuh musim dari My Sesame Street Friends, dan spesial The Magical Wand Chase, yang menampilkan Elmo dan Abby. 

HBO Max juga akan menayangkan episode tambahan Sesame Street Mecha Builders nanti pada 2022. 

Penghapusan episode Sesame Street terjadi setelah HBO Max pada Rabu (17/8) mengatakan setidaknya 36 judul lagi akan meninggalkan layanan streaming itu, termasuk 20 pertunjukan HBO Max asli, antara lain drama remaja Generation, serial antologi animasi Infinity Train dan acara anak-anak Summer Camp Island, serta beberapa spesial Sesame Street. 

Itu selain judul yang diumumkan sebelumnya yang keluar dari HBO Max bulan ini, termasuk delapan film Harry Potter asli. 

Warner Bros. Discovery mengatakan keputusan untuk menarik judul dari HBO Max terkait dengan kombo platform yang tertunda dengan Discovery+. 

“Saat kami berupaya menyatukan katalog konten kami di bawah satu platform, kami akan membuat perubahan pada penawaran konten yang tersedia di HBO Max dan Discovery+,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. “Itu akan mencakup penghapusan beberapa konten dari kedua platform.” 

Dalam beberapa minggu terakhir, HBO Max juga diam-diam menghapus enam film Warner Bros dan acara HBO seperti Camping, Vinyl, Mrs. Fletcher dan Lari. 

Di bawah pengawasan Warner Bros. Discovery, HBO Max juga baru-baru ini membunuh serial DC Greg Berlanti Strange Adventures dan film live-action Wonder Twins. (OL-1)

BERITA TERKAIT