02 July 2022, 13:42 WIB

Bengkel Mime Theatre Bakal Iringi Penampilan Trio Lestari di Prambanan Jazz Festival 2022


Retno Hemawati | Hiburan

Dok Bengkel Mime Theater
 Dok Bengkel Mime Theater
Bengkel Mime Theater

Bengkel Mime Theatre besutan Andy Sri Wahyudi bakal tampil mengiringi Trio Lestari dalam perhelatan Prambanan Jazz Festival 2022, hari terakhir, Minggu (3/7).

Andy Eswe, demikian sutradara teater, aktor, dan penulis bersemangat itu biasa disapa, akan tampil mengiringi tiga lagu Trio Lestari berjudul Sekali ini Saja, Kisah Romantis, dan Akhir Cerita Cinta. Kurang lebih Bengke Mime Theatre akan tampil sepanjang 15 menit.

Dia menerangkan, tiga lagu ini dibuat dengan narasi yang berbeda, disesuaikan dengan konsep lagunya. "Misalnya untuk lagu Sekali Ini Saja, ini berbicara tentang waktu, nanti kami akan tampil dengan tokoh yang kepalanya diganti jam dinding. Mereka melakukan pantomim selama lagu itu dinyanyikan. berjalan seperti detikan jam, ada yang cepat dan lambat, dan ada respons kecil untuk penyanyinya," kata dia melalui sambungan telepon dengan Media Indonesia, Sabtu (2/7).

Waktu Andy dan tim untuk latihan ternyata cukup terbatas, hanya dua pekan. "Tapi kami menggunakan metode latihan arsip tubuh. yang bukan eksplorasi. Arsip tubuh berangkat dari data gerak dan gestur tubuh yang sudah disimpan dalam tubuh masing-masing aktornya, jadi waktu empat pertemuan itu cukup. Memang di awal banyak konsultasi untuk menyesuaikan narasi, setelah disetujui barulah kami latihan," tambah dia.

Dia mengakui baru kali ini kelompoknya tampil di panggung serius. "Sebelumnya hanya panggung kecil, kalau penari latar kan menari secara penuh, kalau pantomim ada cerita, impresi, dan tampil dengan gerak pantomim yang khas."

Andy Eswe sendiri mengaku tidak terlalu mengikuti perkembangan Trio Lestari meskipun terang-terangan mengikuti lagu-lagu Glenn Fredly. "Saya tahunya Glenn, kalau Trio Lestari kadang dengar, kurang mengikuti. Kalau Glenn memang mengikuti karena bisa nge-soul, berhubungan dengan kehidupan saya," tutup Andy SW. (OL-12)

BERITA TERKAIT