22 June 2022, 13:46 WIB

Irawan Careuh Penyanyi Muda asal Bandung Rilis Single Rungkad


Mediaindonesia.com | Hiburan

DOK Pribadi.
 DOK Pribadi.
Irawan Careuh.

BELANTIKA musik Tanah Air kembali digebrak dengan kehadiran penyanyi pendatang baru asal Kota Bandung, yakni Irawan Careuh. Memiliki karakter kuat dalam bermusik yang memadukan konsep modern dibalut musik tradisional Sunda, Careuh, sapaanya, berhasil mengeluarkan karya berjudul Rungkad yang bekerja sama dengan perusahaan musik yang menaunginya Lukis Music.

Single Rungkad yang memiliki arti hancur berkeping-keping tak berbekas. Ini dibuat dalam lagu berbahasa daerah yang memadupadankan irama lagu dengan alat musik tradisional. Karyanya melahirkan aliran genre pop modern sunda.

Lirik lagu tersebut ditulis oleh Gema Dalton yang memiliki makna atas perjuangan seorang pria yang mempertahankan kisah cintanya tetapi harus kandas karena suatu keadaan. Careuh mengaku senang bisa bekerja sama dengan orang-orang profesional khususnya dalam bidang musik.

"Sangat senang bekerja sama dengan Lukis Music. Tidak hanya lagu-lagu yang berkualitas tetapi konsep kreatif yang dituangkan ke video klip maupun lirik. Diharapkan, single ini bisa ikut mewarnai industri Tanah Air, terutama mengajak anak muda agar lebih mencintai budaya daerahnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/6).

Kiprah Careuh dalam dunia musik sebenarnya terbilang tidak baru. Ia mengawali karier sebagai musisi sejak lima tahun lalu berawal dari tingkahnya yang selalu menghibur hingga akhirnya memberanikan diri menapakkan kakinya di atas panggung dari kafe ke kafe. 

Dengan kemampuan bakat seninya terutama di bidang tarik suara, Careuh memiliki misi menyatukan seni budaya Nusantara dalam karya lagu untuk dapat lebih dikenal di kalangan musisi nasional maupun internasional. "Saya juga ingin mengajak influencer di regional Jawa Barat berkarya untuk selalu eksis dalam membawa keanekaragaman budaya. Soalnya, produk karya anak bangsa sangat kaya potensi dikenal di dalam dan luar negeri, bahkan menjadi ikon dan brand di mancanegara," ujarnya.

Direktur Utama Lukis Musik Agus B Sutopo menambahkan bahwa berkarya dengan ihklas dalam menempuh prosesnya berkolaborasi bersama para musisi. "Saya juga mendukung penuh kegiatan ini yang dipegang langsung Oleh Vredy Neptunus Barles sebagai produser dalam menggarap proyek musik di Lukis Music yang berdomisili di Kemang Jakarta Selatan. Dukungan masyarakat Indonesia khususnya pencinta musik Tanah Air sangat dibutuhkan kepada Irawan Careuh sebagai artis dari Lukis Music," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT