16 June 2022, 10:23 WIB

BTS Bantah Rumor Bubar


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/VALERIE MACON
 AFP/VALERIE MACON
BTS

GRUP K-Pop BTS, Kamis (16/6), dengan tegas membantah desas-desus bahwa grup tersebut mengambil langkah untuk membubarkan diri menyusul pengumuman penghentian aktivitas grup, belum lama ini.

"Kami akan mencoba untuk menunjukkan penampilan yang baik sebagai tim atau individu," kata RM melalui sebuah unggahan di platform Weverse, dikutip dari Yonhap, Kamis (16/6).

Setelah grup itu, Selasa (14/6), mengumumkan rencananya untuk rehat dari aktivitas sebagai grup untuk lebih fokus pada proyek solo, RM mengaku dirinya bahkan mendapat panggilan telepon paling banyak semenjak sembilan tahun berkarier. 

Baca juga: BTS Putuskan Hiatus, Saham HYBE Rontok

Pengumuman itu mengejutkan banyak pihak, termasuk penggemar dan media, baik di Korea Selatan maupun di luar negeri tersebut.

Pengumuman yang disampaikan melalui video di YouTube itu juga menimbulkan spekulasi bahwa hiatus secara praktis berarti tidak akan ada lagi kegiatan grup atau grup akan dibubarkan karena mereka akan menjalani wajib militer mulai tahun ini.

"Mereka memasukkan banyak kata kunci sensasional seperti pembubaran atau menghentikan aktivitas. Bukannya saya tidak tahu ini bakal terjadi atau saya tidak mempersiapkannya, hanya saja saya merasa ini pahit," kata RM.

Sementara itu, anggota termuda BTS, Jungkook, juga membantah rumor tersebut dalam video V Live barunya, Rabu (15/6) malam. 

Ia mengatakan dirinya perlu sedikit mengklarifikasi rumor tersebut dan mengatakan bahwa BTS masih terdapat banyak hal yang harus mereka lakukan sebagai sebuah grup.

"Kami mengatakan, kami akan melakukan kegiatan individu tetapi tidak pernah mengatakan kami akan berhenti sebagai BTS. Kami tidak punya niat untuk berhenti dan masih memiliki banyak rencana grup yang tersisa. BTS akan selamanya," katanya.

Sebelumnya, Rabu (15/6), agensi Hybe mengirim surel panjang kepada karyawan mereka yang menyangkal rumor pembubaran BTS. Hybe juga merilis pernyataan dengan menolak penggunaan kata hiatus.

Dalam video di YouTube, Selasa (14/6), grup itu berbicara dalam bahasa Korea namun kata hiatus digunakan pada teks bahasa Inggris yang disertakan dalam video.

"BTS tidak hiatus. Anggota akan lebih fokus pada proyek solo saat ini," kata pernyataan itu.

Menurut laporan Vairety, saham Hybe di perdagangan Korea Selatan turun hampir 28% menyusul pengumuman BTS yang disampaikan Selasa (14/6).

Saham Hybe turun sekitar 25.000 won pada Rabu (16/6) pagi dan terus turun sepanjang hari, menghapus kapitalisasi pasar sekitar US$1,7 miliar. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT