14 June 2022, 08:25 WIB

Lomba Cipta Lagu Dangdut V Dibuka secara Resmi


Mediaindonesia.com | Hiburan

DOK Youtube Rhoma Irama Center.
 DOK Youtube Rhoma Irama Center.
Kiri-kanan: Pipit Irianto, Rhoma Irama, Ikke Nurjanah, Cici Faramida, Mansyur S.

LOMBA Cipta Lagu Dangdut (LCLD) kelima dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Persatuan Artis Musik Melayu Indonesia (PAMMI) Rhoma Irama, Senin (13/6) malam. Ajang itu diumumkan pada acara TVRI Dangdut dari Masa ke Masa. Sejumlah artis PAMMI tampak pada peluncuran LCLD V seperti Mansyur S, Rita Sugiarto, dan Ikke Nurjanah. 

"Pada umumnya ajang festival ini untuk memacu kreativitas para seniman. Dalam ajang persaingan itulah kreasi-kreasi akan muncul di luar yang biasa karena ada tantangan dan pesaing. Ini akan memunculkan karya-karya yang tidak biasa atau wow banget. Ini lain dengan kita mencipta lagu bukan untuk festival," ujar Rhoma Irama dalam konferensi pers sebagaimana dilansir Youtube Rhoma Irama Center, Selasa (14/6).

Baca juga: Saat Ridho Rhoma Bertemu Angelina Sondakh di Soneta Record

Tujuan kedua festival ini yaitu musik merupakan salah satu faktor ekonomi kreatif. Di tengah kesulitan ekonomi, pihaknya berharap musik dapat menyejahterakan rakyat. Tujuan ketiga, lanjut Rhoma, kekuatan musik dapat mengubah karakter manusia dari yang tidak baik menjadi baik. Musik juga dapat menghibur sehingga imunitas tubuh meningkat. 

Direktur Program dan Berita TVRI Pipit Irianto menambahkan bahwa sesuai fungsi kepublikan TVRI salah satunya melestarikan dan memberikan ruang, termasuk seni dan budaya Indonesia, salah satunya dangdut, pihaknya langsung menerima kerja sama dengan PAMMI untuk meluncurkan LCLD V. Ke depan, pihaknya akan melakukan rangkaian kerja sama dan memberikan wadah sebagai jalan pengembangan musik dangdut dari artis-artis PAMMI.

Baca juga: Mau Ikut Lomba Cipta Lagu Dangdut V? Ini Syaratnya

Di sisi lain, Ketua Panitia LCLD V sekaligus artis dangdut Cici Faramida menyatakan LCLD sekarang baru dapat dijalankan lagi setelah acara serupa sembilan tahun lalu. Penyanyi dangdut senior Mansyur S berharap LCLD terus berjalan untuk memotivasi para seniman. Sekadar informasi, LCLD V direncanakan berlangsung pada 2019 tetapi karena ada pandemi covid-19 ajang ini ditunda hingga pemerintah mengumumkan kebolehan menggelar kegiatan umum. (OL-14)

BERITA TERKAIT