10 June 2022, 16:20 WIB

Pesan Laleilmanino dan JKT48 dalam Lagu Berani Bersuara <3<3


Mediaindonesia.com | Hiburan

DOK Instagram.
 DOK Instagram.
Trio produser Arya Aditya Ramadhya (Lale), Ilman Ibrahim, dan Anin dyo Baskoro (Nino) atau biasa dikenal dengan nama Laleilmanino.

MUSIK dan lirik lagu yang dikemas dalam melodi yang membangkitkan semangat memiliki pengaruh luar biasa dalam menyampaikan pesan, terutama bagi para generasi muda dan gen Z. Menurut laporan terbaru dari DataReportal.com dan Statista pada 2022 terdapat sekitar 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia dengan waktu konsumsi sekitar tiga jam dalam sehari. 

Dari jumlah tersebut, gen Z mendominasi penggunaan media sosial. Tanpa panduan bernetiket yang positif, gen Z rentan terpapar isu-isu daring yang dapat membahayakan, seperti informasi palsu/hoaks dan berbagai perilaku tidak etis seperti perselisihan, provokasi, intimidasi, ujaran kebencian, serta penipuan.

Di sisi lain, hal ini juga menunjukkan bahwa gen Z merupakan konsumen terbesar dalam menikmati musik dan video pada platform streaming seperti Spotify. Menggabungkan audio dan visual sebagai elemen utama dalam penyampaian pesan, video lirik menjadi media yang paling efektif dalam menyuarakan perubahan bagi generasi muda.

Itulah yang mendasari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital GNLD) Siberkreasi untuk menggandeng dua grup musisi ternama, Laleilmanino dan JKT48, dalam menggarap lagu sebagai media pilihan untuk menyuarakan kampanye #BeraniBersuara. Menyebarkan semangat perubahan, lagu dan video lirik Berani Bersuara <3<3 diluncurkan pada 27 Mei dengan mengangkat topik seputar pentingnya etika berkomunikasi yang baik di ranah digital. Di samping itu, lagu ini juga mengajak masyarakat untuk memahami bahwa berani bersuara tidaklah sama dengan asal bicara.

"Teringat dengan istilah mulutmu harimaumu, jemari kita pun bisa menjadi harimau yang mampu memangsa di ranah digital, baik menyakiti hati dengan pilihan kata yang kurang bijak maupun mengajak orang percaya akan informasi yang salah. Lewat lagu ini kami ingin mengajak pendengar lebih berhati-hati dalam bicara dan membaca agar tidak terjebak hoaks yang menyesatkan. Seperti judulnya menggunakan emotikon <3<3 yang berarti hati–hati tetapi dibuat agar terkesan lebih playful khas anak muda," ujar Nino, perwakilan dari Laleilmanino, produser dan hitmaker yang terbentuk sejak 2013 dan menjadi contoh generasi muda produktif yang positif dan menginspirasi.

"Sebagai generasi yang paling banyak menggunakan media sosial, kita sering lupa bahwa di ujung layar ada sesama manusia yang membaca ucapan dan melihat tindakan kita. Seperti kalimat pertama di lagu ini, berpikir sebelum berucap menjadi hal bijak untuk dilakukan dalam berekspresi di ranah digital," ujar Shani, perwakilan dari JKT48.

Dengan berlangsungnya transformasi digital, pemahaman tentang literasi digital memainkan peran kunci dalam membangun masa depan Indonesia. "Dengan potensi kreatif yang dimiliki Indonesia sebagai negara, sangat penting bagi kita untuk membina dan membantu mengembangkan bakat yang dimiliki generasi muda, termasuk cara mereka berekspresi di ranah digital. Melalui #BeraniBersuara, kami memproyeksikan gen Z sebagai generasi penggerak yang memiliki kecakapan digital yang beretika, produktif, dan positif untuk memajukan bangsa dan negara," ujar Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo.

Lagu dan video klip Berani Bersuara <3<3 dapat diakses melalui YouTube Siberkreasi. Ini akan dilanjutkan dengan kompetisi Berani Dance Challenge dengan total hadiah sebesar Rp5 juta. Kunjungi Tiktok Siberkreasi untuk detail kompetisinya. (RO/OL-14)

BERITA TERKAIT