24 May 2022, 04:00 WIB

Sidang Kasus Pelecehan Seksual oleh Bill Cosby Dimulai di California


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/Brendan Smialowski
 AFP/Brendan Smialowski
Aktor dan komedian AS Bill Cosby

SIDANG dengan tersangka Bill Cosby akan dimulai pada hari ini, Selasa (24/5) WIB, di California dengan dakwaan komedian itu melakukan penyerangan seksual terhadap seorang gadis remaja, lima dekade lalu.

Judy Huth menyebut pria, yang pernah dijuluki Ayah Amerika itu, melecehkan dirinya di Istana Playboy pada pertengahan 1970-an ketika dia masih berusia sekitar 15 tahun.

Huth mengaku mengalami trauma psikologis dan mental sebagai akibat aksi pelecehan itu.

Baca juga: Bill Cosby Digugat Lakukan Pemerkosaan di New Jersey

Kasus tersebut merupakan yang teranyar dalam rangkaian kasus hukum terhadap aktor berusia 84 tahun yang pernah menjadi salah satu sosok paling populer di televisi Amerika Serikat (AS).

Puluhan perempuan telah mengaku mereka menjadi korban pelecehan seksual oleh Cosby.

Kasus Huth telah diajukan pada 2014 namun ditunda karena Cosby menghadapi dakwaan serupa di Pennsylvania.

Cosby divonis bersalah membius dan melakukan pelecehan seksual terhadap seorang perempuan, 17 tahun lalu. Namun, komedian itu terbebas dari hukuman penjara karena Mahkamah Agung AS memutuskan Cosby tidak mendapatkan sidang yang adil.

Dibebaskannya Cosby, yang menjalani hukuman penjara selama lebih dari dua tahun dari vonis 10 tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya, memicu kemarahan dari aktivis gerakan #MeToo di AS.

Vonis bersalah Cosby adalah yang pertama dari serangkaian kasus penyerangan seksual oleh selebritas sejak gerakan #MeToo mulai marak di dunia.

Dalam kasus yang akan mulai disidangkan hari ini, Huth mengklaim bertemu Cosby di sebuah set film dan beberapa hari kemudian dirinya diundang bertemu di sebuah lapangan tenis.

Di sana, Cosby memberinya minuman alkohol dan kemudian membawanya ke Istana Playboy dan memaksanya berhubungan seks.

Cosby telah membantah tuduhan itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT