21 April 2022, 20:21 WIB

Belantara Studio Debut Produksi Film 'Jelajah Makki Ungu’ 


mediaindonesia.com | Hiburan

Ist
 Ist
Makki Omar Parikesit (kiri), Oktodia Mardoko (tengah) dan Setia Sari B. 

BELANTARA Studio merupakan studio IP (Intellectual Property) dan rumah produksi film animasi dan karya audio-visual.

Belantar Studio didirikan pada awal 2012 berfokus pada kreasi dan pengembangan intellectual property dan jasa kreatif dengan tim yang berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri kreatif dalam bidang desain grafis dan industri animasi. 

Dipimpin Oktodia Mardoko (Odi) dan Setia Sari (Arie), Belantara Studio siap meluncurkan IP pertamanya "Makki Parikesit Adventure" melalui program ‘Jelajh Makki Ungu', film semi-dokumenter yang siap diviralkan dan bakal ditunggu-tunggu penjelahannya.  

Dalam rangka menyebarkan vibes positif bagi masyarakat tentang "Jelajah Makki Ungu" seri Ekspedisi Parikesit 7 Saga, Belantara Studio mengemasnya ke dalam tayangan televisi. Bekerja sama dengan Net TV, mulai 23 April, perjalanan petualangan dapat dinikmati di kanal Net TV. 

Baca juga: Nikita Willy Menikmati Peran Barunya sebagai Ibu

Selain IP "Makki Parikesit Adventure", Belantara Studio juga sedang menyiapkan IP lainya untuk diluncurkan dalam waktu dekat, yaitu film animasi anak-anak Binekon, yang merupakan icon dari Bhineka Tunggal Ika.@belantara.std #belantarastudio #jelajahmakkiungu.

Merupakan Intellectual Property (IP) terbaru dari Belantara Studio, produksi film seri: Ekspedisi Parikesit 7 Saga ini memakan waktu praktis total persiapan 2 bulan dan total pelaksanaan 3 bulan mulai dari ekspedisi hingga editing final.  

Gagasan penggarapan episode adventure atau petualangan dan penjelajahan ini merupakan perwujudan dari kecintaan pada keindahan alam yang sakral, kekayaan kearifan lokal Indonesia yang diharapkan kelak menjadi inspirasi destinasi para pegiat olah raga berkendara motor dan pendakian terutama bagi kalangan milenial. 

Taklukkan tujuh gunung di Indonesia 

Makki Parikesit, yang telah menggemari petualangan dan pendakian sejak duduk di bangku sekolah menegah pertama i(SMP) ni, memulai penjelajahan barunya pada akhir tahun 2021.

Perjalanannya dilakoni dengan motor-riding, turun jalan kaki lantas berlanjut dengan hiking menaklukkan tujuh gunung di Indonesia, yaitu eban gunung yang berada di Pulau Jawa dan satu gunung di Nusa Tenggara Barat, selama 30 hari terhitung sejak 1 hingga 31 Desember 2021.

Gunung-gunung yang telah didaki dan ditaklukkannya tersebut: yakni Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Sindoro dan Sumbing, (di Jawa Tengah), Gunung Lawu (perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur), Gunung Arjuno dan Welirang (di Jawa Timur), dan Gunung Rinjani di Lombok (Nusa Tenggara Barat). 

Seperti diketahui, proyek pengembangan IP oleh Belantara Studio ini, digarap sekaligus dalam rangka kaul merayakan usia 50 tahun sang musisi yang mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure pada setiap puncaknya 

“Saya penyuka kegiatan adventure dan traveling. Rasanya bangga banget dan senang bisa menuntaskan proyek ini.  Alhamdulillah lancar dan berkesan,” kata musiikus  Makki Parikesit yang serius sekali menjalankan proyek ini dalam keterangan pers, Kamis (21/4)

Persiapan fisiknya  hanya beberapa bulan sebelum hari-H dengan melakukan olah raga renang dan jogging serta pendakian ke beberapa gunung di Jawa Barat dan persiapan teknis lainnya. 

Proyek ini tidak dilakukan Makki sendiri namun didampingi dengan pada pendukung berbakat. Makki dan tim riding mengendarai adventure-sport bike Ducati Multi Strada 950 dan Scrambler Ducati Sixty2.

 "Saya selama ini beberapa kali pakai adventure-sport bike. Tapi, sifatnya rekreasional saja. Ducati Multi Strada 950 saya pilih untuk perjalanan ini karena karakternya sesuai dengan kebutuhan Jelajah Makki Ungu 'Ekspedisi Parikesit 7 Saga'," jelas Makki. 

Tim Makki Parikesit Adventure bukan saja menikmati keindahan alam tapi juga berinteraksi dengan masyarakat setempat di setiap daerah yang disinggahi.

Mereka juga melakukan kegiatan 'Parikesit Peduli' untuk pariwisata, lingkungan dan pendidikan seperti pembuatan plang penunjuk di base camp dan jalur pendakian, Pojok Pustaka Parikesit, pelatihan manajemen sampah dan fotografi.

“Sambutan masyarakat luar biasa atas kedatangan Mas Makki dan rombongan. Bahkan kami disambut seperti tamu istimewa," papar Arie, Co-Owner & Managing Director Belantara Studio, yang juga adalah produser perjalanan ini bersama dengan Makki Parikesit. 

Misalnya, di sebuah Taman Pendidikan Qura (TPQ)  At Taqwa di Desa Kledung, Kawasan Sindoro, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Ada atraksi drum band anak-anak SD di sana menyambut meskipun dalam hujan, atraksi tetap dilakukan anak-anak dalam menyambut kami membuat kami terharu atas apresiasi masyarakat dalam kegiatan ini ,” papar Arie.

Arie meyakini niat Makki dan Belantara Studio serta rombongan untuk berbagi ilmu dan mengapresiasi kearifan lokal selama ekspedisi, telah berhasil tersalurkan secara maksimal. 

Makki juga menyajikan pertunjukan musik akustik kolaboratif bersama sejumlah pemusik lokal di Desa Argamukti, Desa Kledung, Dusun Butuh, dan Desa Sembalun.

“Saya merasa terhormat disambut oleh masyakarat di setiap daerah yang kami singgahi,” tambah ayah satu anak ini. 

“Kami gelar kegiatan di tengah musim hujan. Masya Allah ternyata di setiap daerah kami disambut cuaca bersahabat. Alam cerah dan setiap summit lancar.  Alhamdulillah ,” tambah kakak kelas Makki di SMAN 3, Jakarta ini. 

Belantara Studio berharap perjalanan proyek ‘Jelajah Makki Ungu’ Ekspedisi Parikesit 7 Saga bisa menjadi inspirasi bagi para pelaku hiking, riding atau wisatawan di Tanah Air. 

“Kita bisa menikmati alam, kuliner atau apapun di daerah yang kita singgahi. Dan juga sekaligus berinteraksi dengan masyakarat dan menyerap kearifan lokal.  Terutama bisa berkontribusi dalam pemberdayaan warga setempat,” kata Arie. 

Sosok Makki Parikesit yang musisi juga bisa menjadi contoh untuk siapapun agar semangat menjalankan perjalanan wisatanya, terutama jalan darat.  

Di usia yang genap setengah abad, Makki membuktikan niat kuatnya menjalankan misi ini berbuah manis. Itu karena dilakukan dengan persiapan matang, passion yang kuat serta endurance, juga stamina yang prima.

“Alhamdulillah, Makki Parikesit bersama teamnya telah berhasil menjalankan ekspedisi ini dengan baik,” tambah Arie. 

Hiking, riding atau kegiatan alam outdoor seperti ini mengasyikkan. Banyak hikmah yang bisa dipetik selain hati yang bahagia karena menikmati keindahan alam ciptaan Allah,” pungkas Makki. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT