06 February 2022, 13:01 WIB

Lata Mangeshkar Bernyanyi dalam Seribuan Film dan 27 Ribu Lagu


Mediaindonesia.com | Hiburan

AFP/Sujit Jaiswal.
 AFP/Sujit Jaiswal.
Seorang pria berjalan melewati mural dinding penyanyi playback Bollywood Asha Bhosle dan Lata Mangeshkar (kanan), Mumbai, 30 Oktober 2020.

SUPERSTAR Bollywood Lata Mangeshkar bernyanyi di lebih dari 1.000 film, selain merekam album kebaktian dan klasik. Karyanya mencakup sekitar 27.000 lagu dalam lusinan bahasa, termasuk Inggris, Rusia, Belanda, dan Swahili.

Ia meninggal dunia pada Minggu (6/2) pagi pada usia 92 tahun. Ia dikenal jutaan orang sebagai Nightingale of India karena suaranya yang merdu dan menjadi pembawa acara reguler di negara itu selama beberapa dekade.  

Ia memulai pelatihan musiknya lebih awal di bawah pengawasan ayahnya, Deenanath. Ia bernyanyi dalam produksi teater sang ayah ketika dia baru berusia lima tahun.

Kematian ayahnya ketika dia baru berusia 13 tahun memaksanya untuk mengambil peran sebagai pencari nafkah untuk menghidupi empat adiknya. Keluarga itu akhirnya pindah ke Mumbai pada 1945.

Di sana ia mengejar karier sebagai penyanyi playback, merekam lagu untuk ditirukan oleh aktor, dan suaranya yang tinggi segera menjadi bahan pokok film laris Bollywood. Dalam gerakan yang mencerminkan banyak pengikutnya, dia diundang oleh pemerintah untuk menyanyikan penghormatan patriotik kepada para prajurit yang tewas dalam perang Indo-Cina 1962 pada peringatan Hari Republik India pada Januari 1963.

Lagunya Oh Rakyat Negeriku dilaporkan membuat Perdana Menteri Jawaharlal Nehru menangis. Dalam dekade berikutnya, komposer dan produser film sama-sama bersaing untuk menandatangani Mangeshkar yang produktif untuk film mereka.

"Saya menyusun lagu dengan melihat jangkauan dan kualitas suara Lata Mangeshkar," kata komposer Anil Biswas tentang dia dalam wawancara yang diterbitkan di Encyclopedia of Hindi Cinema. "Dia memiliki jangkauan yang luas dan bisa memikirkan melodi yang lebih rumit daripada penyanyi yang tidak terlatih sebelumnya," tambahnya.

Pendukung budaya

Bersama dengan adiknya Asha Bhonsle--seorang superstar--Mangeshkar mendominasi musik Bollywood selama lebih dari setengah abad. Ia dianggap oleh banyak orang sebagai penyanyi playback terbesar yang pernah ada di industri film India.

Mangeshkar tidak malu mengambil sikap ketika harus menaikkan harga atau meminta bagian dari royalti yang diperoleh dari lagu-lagunya. Umur panjang dan disiplin membuatnya meminjamkan suaranya untuk aktris remaja yang 50 tahun lebih muda darinya.

Kritikus mengeluh bahwa dominasinya meninggalkan sedikit ruang bagi penyanyi baru untuk berkembang tetapi penontonnya tetap setia serta memastikan bahwa lagu-lagunya menguasai tangga lagu. Dia juga dikenal karena kebiasaannya, seperti tidak pernah bernyanyi dengan memakai sepatu dan selalu menulis setiap lagu dengan tangan sebelum merekamnya.

Penghargaan

Mangeshkar pada 2001 dianugerahi Bharat Ratna, penghargaan sipil tertinggi di India, dan menerima Legion d'Honneur Prancis pada 2009 sebagai pengakuan atas kontribusinya pada musik dan sinema India.

Baca juga: Penyanyi Legendaris Bollywood Lata Mangeshkar Meninggal Dunia
 
"Generasi mendatang akan mengingatnya sebagai pendukung budaya India, yang suaranya merdu memiliki kemampuan tak tertandingi untuk memikat orang," kata Perdana Menteri Narendra Modi. Dia meninggal di rumah sakit Mumbai pada Minggu setelah dirawat di unit perawatan intensif pada 11 Januari dengan gejala covid-19.

Penyiar publik Doordarshan mengumumkan pemakaman kenegaraan dan dua hari berkabung nasional untuk penyanyi tersebut setelah berita kematiannya menyebar.

Seorang putus sekolah di kampung halamannya di Indore itu mengatakan bahwa dia hanya menghadiri kelas untuk satu hari. Meskipun demikian Mangeshkar fasih dalam beberapa bahasa. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT