06 February 2022, 12:27 WIB

Penyanyi Legendaris Bollywood Lata Mangeshkar Meninggal Dunia


Mediaindonesia.com | Hiburan

AFP/Sebastian D'Souza.
 AFP/Sebastian D'Souza.
Lata Mangeshkar.

PENYANYI superstar legendaris Bollywood Lata Mangeshkar, yang dikenal jutaan orang sebagai burung bulbul India dan menjadi pembawa acara reguler di gelombang udara negara itu selama beberapa dekade, meninggal Minggu (6/2). Usianya 92 tahun.

Dia meninggal di rumah sakit Mumbai setelah dirawat di unit perawatan intensif pada 11 Januari dengan gejala covid-19. "Saya sangat sedih tanpa kata-kata," tulis Perdana Menteri India Narendra Modi di Twitter.

"Lata Didi yang baik dan perhatian telah meninggalkan kita. Dia meninggalkan kekosongan di bangsa kita yang tidak bisa diisi."

Baca juga: Lata Mangeshkar Bernyanyi dalam Seribuan Film dan 27 Ribu Lagu

Mangeshkar lahir 28 September 1929 di pusat kota Indore dan memulai kariernya pada usia 13 tahun. Ketika itu ayahnya meninggal. Dia pun harus merawat ibu dan empat saudara kandungnya.

Lima tahun kemudian, dia mendapat kesempatan pertama menyanyikan lagu untuk film Aapki Sewa Mein (Untuk Layanan Anda). Dalam karier yang produktif, ia menjadi vokalis top industri film India dan bernyanyi di lebih dari 1.000 film.

Lagu-lagunya dimainkan pada perayaan Hari Republik resmi negara setiap tahun. Adik perempuannya, Asha Bhosle juga seorang penyanyi terkenal yang, seperti Mangeshkar, mempelajari keahliannya dari ayah mereka Deenanath.

Baca juga: Penyanyi Dangdut Jacky Hasan Meninggal Dunia akibat Tumor Otak
 
"Generasi mendatang akan mengingatnya sebagai pendukung budaya India yang suaranya merdu memiliki kemampuan tak tertandingi untuk memikat orang," tulis Modi tentang Mangeshkar. Dia tidak pernah menikah atau memiliki anak. (AFP/OL-14)
BERITA TERKAIT