28 January 2022, 07:45 WIB

Neil Young Tarik Musiknya dari Spotify karena Hoaks Soal Covid-19


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/Alice Chiche
 AFP/Alice Chiche
Musisi Neil Young

NEIL Young memenuhi janji untuk menarik musiknya dari Spotify setelah menuntut layanan streaming itu untuk memilih antara dirinya dan Joe Rogan, podcaster kontroversial yang ditudingnya menyebarkan hoaks.

Musisi legendaris itu merilis surat terbuka pada pekan ini menuding Spotify menyebarkan hoaks mengenasi vaksinasi covid-19 yang bisa menyebabkan kematian dengan menghadirkan podcast milik Rogan.

Pada Rabu (26/1), Young merilis surat kedua di laman daringnya, mengucapkan terima kasih kepada perusahaan rekaman Reprise Records yang mendukungnya kala berhadapan dengan Spotify.

Baca juga: Tantangan The Overtunes Setelah Jadi Band Indie

Young mengakui Spotify mencakup 60% pemasukannya dari streaming di berbagai penjuru dunia. Meski begitu Young menegaskan dirinya puas dengan keputusannya.

"Spotify telah menjadi rumah hoaks covid-19 yang bisa membahayakan jiwa. Kebohongan dibiarkan demi uang," tegas Young.

"Saya menyadari bahwa saya tidak bisa terus mendukung hoaks yang membahayakan yang disebarkan Spotify kepada para penggemar musik," lanjutnya.

Young memiliki 2,4 juta pengikut dan 6 juta pendengar bulanan di Spotify.

Adapun Rogan diikat dengan kontrak jangka panjang oleh Spotify, dilaporkan senilai US$100 juta.

Namun, dia dituding menjadikan podcastnya untuk menybarkan teori konspirasi dan hoaks, terutama mengenai covid-19.

Rogan dengan tegas menentang vaksinasi untuk anak-anak dan mempromosikan penggunaan obat antiparasit Ivermectin untuk mengobati covid-19.

Spotify, dalam sebuah pernyataan resmi mengatakan, "Kami menginginkan seluruh musik dan konten audio bisa diakses oleh sleuruh pengguna Spotify. Karenanya, kami memegang tanggung jawab untuk menyeimbangkan keselamatan para pendengat dengan kebbasan kreator. Kami memiliki kebijakan yang jelas dan telah menghapus lebih dari 20 ribu podcast terkait covid-19 sejak awal pandemi."

"kami menyesalkan keputusan Neil untuk meninggalkan Spotify namun kami siap menyambutnya kembali," lanjut Spotify. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT