21 September 2021, 19:32 WIB

Christine Hakim Sebut Perempuan Indonesia Miliki Kekuatan Luar Biasa


Mediaindonesia.com | Hiburan

MI/Permana
 MI/Permana
Aktris Christine Hakim.

Christine Hakim, aktris peraih sembilan Piala Citra, berpendapat perempuan Indonesia mempunyai inner power yang luar biasa sekali. Dan tidak hanya pandai bersolek. Meski demikian, baginya, laki-laki dan perempuan sejatinya diciptakan untuk saling menyempurnakan.

"Bagaimana mungkin tidak mempunyai inner power, jika bisa mengandung selama sembilan bulan, sembari menjalankan banyak fungsi lainnya. Seperti sebagai ibu rumah tangga, pendidik, pelindung hingga penjaga keseimbangan rumah tangga. Jadi, Super Hero bukan Superman, tapi Super Woman," kata Christine Hakim saat webinar yang diinisiasi panitia Festival Wartawan Film Indonesia (FFWI) XI, dan didukung penuh Direktorat Perfilman Musik dan Media (PMM), Kemendikbud Ristek RI, mengusung topik, “Peran dan Posisi Perempuan dalam Perfilman Indonesia", Selasa (21/9).

Christine Hakim juga berbagi kisah posisi perempuan dalam dunia perfilman yang masih sangat kecil. "Sejak seabad lalu, dunia film didominasi kaum pria. Yang menjadi pelaku utamanya. Di Indonesia, di tahun 50an juga didominasi kaum pria. Saya saat terjun di dunia perfilman di tahun 73, dominasi kaum pria masih kuat. Perempuan hanya mendapatkan peran kecil, seperti bagian make up dan wardrobe. Sekarang, Masya Allah, bahkan perempuan memanggul kamera yang beratnya 25 kg. Bukan hanya fisiknya yang kuat, tapi inner power-nya juga. Ini yang membuat perempuan mampu menghadapi segala tantangan," katanya. (OL-12)

 

BERITA TERKAIT