06 August 2021, 07:31 WIB

Prambanan Jazz Festival 2021 Tetap Akan Digelar


Agus Utantoro | Hiburan

ANTARA/Hendra Nurdiyansyaha
 ANTARA/Hendra Nurdiyansyaha
Penyanyi Ari Lasso tampil pada acara Prambanan Jazz Festival 2019

PERGELARAN musik tahunan berskala internasional, Prambana Jazz Festival, tahun ini akan tetap diselenggarakan. Namun, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pergelaran music jazz tahun ini akan digelar secara virtual.

"Perhelatan yang pertama kali digelar pada 16 Oktober 2015 ini memadukan festival musik jazz internasional dan warisan agung dari Candi Prambanan," kata Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Anas Syahrul Alimi, Kamis (5/8).

Dalam keterangan tertulisnya, Anas lebih lanjut mengatakan perhelatan kali ini hampir sama dengan tahun lalu, dengan konsep virtual, bertajuk Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 karena kondisi di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Baca juga: Akselerasi Digital Dorong Kolaborasi dan Inovasi Dunia Musik

Tahun ini, Prambanan Jazz Festival, ujarnya, menggelar sebuah program yang spesial bertajuk Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival.

Ia menjelaskan program kompetisi musik ini dimaksudkan mencari musisi-musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bersama musisi musisi nasional pada 11-12 September 2021.

Lewat kegiatan ini diharapkan akan menjadi kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik tanah air.

"Nantinya, seluruh musisi/band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sehingga akan didapat maksimal 100 band yang diikutsertakan dalam seleksi," ujarnya.

Disebutkan, akan ada 3 musisi Kalimantan yang akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Virtual Festival 2021.

"Satu musisi akan dipilih langsung oleh promotor, sedangkan dua lainnya  akan melalui beberapa tahapan seleksi dan kurasi oleh 3 Juri dari kalangan musisi nasional, promotor, tokoh musik Kalimantan," ujarnya.  

Namun, karena situasi pandemi yang masih belum menentu, penjurian akan dilakukan virtual (terpisah) dengan peserta yang mengikuti seleksi.

Peserta Borneo Goes To Prambanan Jazz Virtual Festival disyaratkan musisi atau band yang berdomisili di Kalimantan yang sesuai dengan karakter festival musik.

Dikatakan, para peserta tersebut diharuskan memiliki minimal 3 karya orisinil berupa video music atau video live session.

Dikatakan, pemenang yang terpilih untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival diharapkan bisa menampilkan setidaknya 4 lagu orisinil.

"Sebelum tampil di Prambanan Jazz Festival 2021, para musisi terpilih juga akan diikutsertakan pada acara webinar berupa Bengkel Musik dan talkshow tentang industri music," jelasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT