17 June 2021, 03:30 WIB

Dikta Berkisah Tentang Freediving dan Keindahan Laut Indonesia


Mediaindonesia.com | Hiburan

Instagram Dikta
 Instagram Dikta
Dikta Wicaksono

Musisi Dikta Wicaksono atau Dikta "Yovie & Nuno" adalah penggemar olahraga freediving, dia pun bercerita tentang hobinya tersebut.

Freediving atau selam-bebas adalah sebuah olahraga air dan dimasukkan sebagai jenis olahraga ekstrem. Sebab penyelam mencoba mencapai kedalaman tertentu tanpa bantuan alat pernapasan.

Dikta mengatakan untuk melakukan freedive, seseorang memang harus melakukan pelatihan terlebih dahulu. Sebab mereka harus menahan napas selama beberapa menit di kedalaman.

"Banyak yang bilang kok bisa sih tahan napas sampai 5 menit. Itu ada tekniknya dan cara pernapasan freedive bisa juga dipakai untuk kehidupan sehari-hari, kalau yang cara pernapasan benar bisa buat olahraga lain juga," ujar Dikta dalam peluncuran virtual program "#PromoTengahTahun Traveloka" pada Rabu (16/6).

Vokalis band Yovie & Nuno ini mengaku sangat menikmati saat berada di kedalaman lautan. Baginya pemandangan biru laut membuatnya rileks.

"Di dalam laut enggak yang gelap hitam gitu kayak yang kita lihat dari atas. Kita kayak di ruangan kosong aja warna biru, enggak ada ikan hiu, kita enjoy banget," kata Dikta.

Dikta sudah pernah menjelajahi beberapa lautan di Indonesia seperti di wilayah Banda Naira, Labuan Bajo, Menjangan, Derawan, Wakatobi hingga Manado.

"Laut Indonesia belum ada yang ngalahin. Di sini surganya banget sih makanya orang-orang luar banyak yang ke sini. Saya pengin eksplor semua sih," ujar pelantun "Janji Suci" itu.

Dikta berharap pandemi COVID-19 dapat segera berakhir agar masyarakat dapat berwisata dengan tenang tanpa perlu khawatir.

"Yang penting jangan lupa juga ikuti protokol kesehatan, aware, jangan sembarangan, patuhi peraturan, persiapkan sesuatu dengan matang," kata Dikta. (Ant/OL-12)

BERITA TERKAIT