Pabrik Indarung I Semen Padang Menuju Cagar Budaya Nasional

MI/Usman Iskandar - 17 January 2023, 17:00 WIB

Kawasan Cagar Budaya Indarung I Semen Padang yang telah berusia lebih dari 100 tahun mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya digelarnya  Focus Discussion Group (FDG)  yang bertajuk Tata Kelola Pabrik Indarung I di Wisama Indarung, Padang, Sumbar, Selasa (17/1/2023).

 

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid dan Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), Adil Usman ambil bagian dalam diskusi yang menyoal pelestarian bangunan cagar budaya peninggalan kolonial Belanda tersebut.

 

“ Kawasan Cagar Budaya Indarung I Semen Padang memiliki potensi yang luar biasa. Bukan karena luasnya, tapi sejarahnya dan unik “, tutur Hilmar Farid.

 

“ Apalagi saat ini, tidak banyak pabrik yang utuh seperti Pabrik Indarung I Semen Padang ini, “ imbuhnya.

 

Seperti diketahui kawasan Cagar Budaya Indarung I Semen Padang saat ini sudah masuk ke dalam tahap pembahasan untuk ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional

 

Terkait potensi kawasan Indarung I Semen Padang sebagai World Heritage, Hilmar menyampaikan ada proses yang cukup panjang untuk menyusun berkas atau dossier. Dan tentunya, juga harus melihat semua outstanding universal value-nya seperti apa, dan apa saja atribut yang mau didaftarkan. Karena, begitu mulai didaftarkan, maka langsung terkait dengan tanggung jawab.

 

“Jadi, mungkin gak ini (Indarung I) bisa ditetapkan sebagai World Heritage? Tapi yang jelas, sebagai Cagar Budaya Nasional saja, arti pentingnya bagi masayarakat juga sudah naik, sudah lebih kuat. Makanya, ini harus ditindaklanjuti dengan mengaktivasi Kawasan Cagar Budaya Indarung I. Saya harap FDG selama tiga hari ini untuk mendiskusikan hal itu,” ujar pria yang akrab disapa Fay itu.

 

Sebagai informasi Pabrik Indarung I Semen Padang merupakan pabrik pertama yang dibangun pemerintahan kolonial pada 1910 di Asia Tenggara.

 

Saat ini kawasan tersebut menjadi destinasi wisata sejarah, dan banyak pakar arsitektur dan pecinta bangunan kuno baik dari dalam atau luar negeri mengunjungi bekas pabrik semen yang bangunannya masih asli.

 

Sementara itu Ketua Komite Seni Rupa DKJ, Aidil Usman yang juga sebagai “akamsi” warga Indarung menyebut pesona heritage  membuat dirinya dan masyarakat sekitar Indarung mendesak pemerintah dan perusahaan PT Semen Padang untuk merealisasikan Indarung I sebagai kawasan  industrial heritage pertama di Indonesia. 

 

“ Pabrik Indarung ini kan salah satu jejak dan warisan dari leluhur kami,  yang pernah bekerja atau menjadi bagian dari sejarah bagaimana pabrik menjadi prasasti kebanggan bagi kami selaku warga sini.” Ungkap Aidil.

 

“ Berbagai cara sudah kami lakukan untuk menghidupkan bekas pabrik ini agar tetap punya “nyawa”, salah satu kegiatan yang rutin tiap tahun kami selenggarakan di area pabrik ini ialah Workshop Seni dan Pabrik yang pada tahun ini untuk keempat kalinya”, imbuh Aidil. MI/Usman Iskandar/pay

 

BERITA TERKAIT