28 June 2023, 17:50 WIB

Mengenal Jabatan Foreman, Tugas, dan Besaran Gajinya


Meilani Teniwut | Ekonomi

Antara/Aloysius Jarot Nugroho.
 Antara/Aloysius Jarot Nugroho.
Ilustrasi.

FOREMAN ialah orang yang sangat penting dalam pabrikasi industri. Foreman ialah orang yang bertanggung jawab menyampaikan kebijakan manajerial kepada para pekerja, keinginan pekerja kepada manajemen, dan mengawasi pekerja agar dapat memproduksi barang yang dibutuhkan tepat waktu.

Bisa dikatakan mandor merupakan tulang punggung industri apapun. Posisinya merupakan kunci. Mandor merupakan orang yang bertanggung jawab untuk mendapatkan hasil yang bagus dari suatu perencanaan industri.

Lantas apa saja yah tugas mandor dan berapa besar gaji mereka? Yuk kita cari tahu.

Tugas dan tanggung jawab foreman

1. Penelitian.

Salah satu tugas mandor ialah menyelubungi keadaan perusahaan dan karyawan yang melapor kepadanya. Kegiatannya dapat merumuskan masalah perusahaan melalui data yang ada.

Baca juga: Menggiurkan! Ini Besaran Gaji Tukang Parkir Pesawat

Foreman harus mampu mengumpulkan berbagai fakta dan pendapat untuk pengambilan keputusan pengambilan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik observasi dan wawancara.

2. Penilaian.

Selain penelitian melakukan evaluasi atau penilaian bersama dengan karyawan yang melapor kepada mandor juga merupakan kegiatan. Kegiatan evaluasi ini meliputi:

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Deposito

a. Mencari aspek-aspek positif yang telah dicapai.

b. Penghambat aspek-aspek negatif yang menjadi hambatan atau hambatan dalam penarikan layanan.

c. Menganalisis penyebab kegagalan dalam pencapaian kinerja yang dialami.

3. Perbaikan. 

Pada tahap ini, kegiatan foreman selanjutnya ialah terus memperbaiki dan meningkatkan prestasi kerjanya sehingga dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi di masa mendatang. Berikut tingkat keberhasilan yang terkait dengan tanggung jawabnya.

a. Menemukan solusi terbaik untuk mengatasi kendala yang dihadapi. 

b. Mempertahankan dan meningkatkan proses agar menjadi lebih baik lagi. 

4. Pembimbing.

Mandor wajib memberikan petunjuk, bimbingan, dan nasihat kepada bawahannya. Kegiatan ini meliputi:

a. Mengoptimalkan tenaga kerja untuk perbaikan. 

b. Memberikan bimbingan dan nasihat.

5. Kerja sama.

Salah satu kegiatan mandor ialah menciptakan iklim kerja sama dan gotong royong dalam hubungan kekeluargaan dengan karyawan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menggiring mandor ke arah yang lebih baik. Dalam kegiatan ini, foreman menjadi pemimpin tim dan menciptakan kolaborasi kolaboratif untuk mencapai kesuksesan tim.

Perbedaan foreman dan supervisor

1. Foreman bertanggung jawab langsung untuk aktivitas produksi, pelatihan pekerja, dan penilaian kinerja pekerja. Sedangkan supervisor bertanggung jawab untuk pengawasan aktivitas produksi, evaluasi kinerja pekerjanya, dan pemecahan masalah yang terjadi selama proses produksi.

2. Foreman bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengendalikan seluruh proses produksi. Supervisor bertanggung jawab untuk membantu foreman dengan mengawasi tugas-tugas bawahan mereka. Meskipun posisi foreman lebih tinggi dalam hierarki organisasi, supervisor juga memegang peran penting dalam menjamin produksi berjalan dengan lancar.

3. Foreman bertanggung jawab untuk manajemen proyek yang lebih kompleks. Supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi pekerjaan yang lebih sederhana. 

4. Foreman bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengatur produksi di suatu pabrik. Supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja para karyawan. Foreman juga bertanggung jawab memberikan dukungan administratif dan teknis kepada para karyawan. Supervisor hanya bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja para karyawan.

5. Foreman bertanggung jawab memimpin tim kerja yang terdiri dari beberapa karyawan. Supervisor hanya bertanggung jawab memastikan bahwa pekerjaan yang dikerjakan oleh para karyawan telah diselesaikan dengan benar dan tepat waktu. Meskipun kedua pekerjaan ini sangat berbeda, keduanya memiliki peran penting dalam mencapai tujuan organisasi.

Gaji seorang foreman

Kisaran gaji foreman tidak dapat pukul rata, tergantung dari jenis perusahaan dan risiko kerja yang ditanggung. Tidak hanya itu nominal gaji foreman dipengaruhi oleh beberapa hal. Inilah yang menyebabkan foreman satu dengan lainnya memiliki perbedaan nominal gaji meski dalam satu pabrik yang sama.

Lantas berapa besar kisaran gaji foreman di Indonesia? Melansir dari situs indeed.com, nominal gaji foreman mulai kisaran Rp3.500-Rp8.500.000. Nominal ini hanya sebagai referensi semata. Besar kecilnya kembali ke beberapa faktor yang ada dan UMR daerah setempat.

Selain gaji pokok, seorang foreman juga akan menerima tunjangan. Besaran tunjangan ini disesuaikan dengan kemampuan dan kebijakan perusahaan. Adapun jenis tunjangannya akan berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain.

Berikut daftar tunjangan secara umum yang diberikan pada foreman.

a. Tunjangan kehadiran.

b. Tunjangan makan.

c. Tunjangan transportasi.

d. Tunjangan skill.

e. Tunjangan perumahan.

f. Tunjagan sif.

g. Tunjangan jabatan. 

Jadi seorang foreman tidak hanya menerima gaji pokok tetapi juga menerima berbagai tunjangan. (Z-2)

BERITA TERKAIT