16 June 2023, 07:43 WIB

Dukung Indonesia Emas 2045, ILUNI SSP Gelar Policy Forum 


Media Indonesia | Ekonomi

Ist
 Ist
Peluncuran Rancangan Akhir RPJPN oleh Presiden Jokowi di Gedung Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis (15/6)..

IKATAN Alumni Sekolah Staf Presiden (ILUNI SSP) berkesempatan mengikuti peluncuran rancangan akhir RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional) 2025-2045 yang dillakukan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Kegiatan tersebut juga dilakukan bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, akademisi, budayawan, praktisi pembangunan hingga generasi milenial di Gedung Djakarta Theatre, Jakarta, Kamis (15/6)..

Indonesia Emas 2045 adalah cita-cita intergenerasi untuk memastikan Indonesia dapat meloncat menjadi negara maju di 100 tahun kemerdekaan Indonesia. 

Baca juga: Pemerintah Mulai Susun RPJMN 2025-2029

RPJPN 2025-2045 sebagai landasan pembangunan 20 tahun mendatang, melibatkan seluruh pemangku kepentingan untuk menajamkan target dan sasaran pembangunan termasuk para generasi muda. 

Selaras dengan semangat Presiden Jokowi pada peluncuran RPJPN mengenai pentingnya peran anak muda dalam menangkap peluang bonus demografi, ILUNI Sekolah Staf Presiden melalui SSP Policy Center menyelenggarakan Policy Forum Road to RPJPN 2025-2045 bertajuk Kolaborasi Intergenerasi menuju Indonesia Emas 2045.

Diikuti 80 Perwakilan Pemuda dan Organisasi

Policy Forum yang diikuti oleh lebih dari 80 perwakilan pemuda dan organisasi dari beragam latar belakang di Indonesia sebagai sarana untuk mendengarkan muatan perencanaan negara dalam RPJPN 2025-2045 serta penyampaian harapan pemuda dari daerah masing-masing. 

Baca juga: Target Pembangunan Tidak Tercapai, Pemerintah Godok RUU RPJP

Policy Forum turut dihadiri Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti, Koordinator Tim Sekretariat Nasional SDGs, Yanuar Nugroho, dan Randa Sandhita, Executive Director Katalisator Muda Indonesia.

“Menjadi tanggungjawab kita bersama untuk berkolaborasi, berjejaring dan memaksimalkan kepemimpinan untuk mendorong gerakan kolektif mengawal target visi Indonesia Emas 2045 mendatang”, ujar Muhamad Fahriza Novriansyah, Ketua ILUNI SSP saat memberi sambutan.  

Deputi Ekonomi Bappenas menyampaikan bahwa terdapat 5 visi, 8 misi, 17 arah pembangunan, dan 45 indikator utama dalam RPJPN 2025-2045 yang mencakup transformasi ekonomi, sosial, lingkungan hingga tata kelola dalam penyelenggaraan pembangunan.

Baca juga: Revisi UU IKN Bukan Karena Cacat Subtansi

Policy Forum menghadirkan aspiration room yang membahas permasalahan pembangunan. Isu pemerataan kesejahteraan, pembangunan desa, ruang partisipasi pendidikan, krisis iklim dan air bersih, tata kelola aparatur negara, hingga urusan lapangan kerja menjadi perhatian para perwakilan peserta. 

Menutup sesi aspirasi, Aditya Pradana, Head of SSP Policy Center menyampaikan bahwa aspirasi para pemuda akan dikawal untuk disampaikan kepada pemerintah dan menjadi rumusan penting untuk mendukung RPJPN 2025-2045 dalam mewujudkan negara nusantara yang berdaulat, maju, dan berkelanjutan. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT